8 Penyebab Anda Terus Merasa Lapar

8 Penyebab Anda Terus Merasa Lapar. Merasa lapar usai berolahraga normal dialami seseorang. Pasalnya, Anda mengeluarkan banyak energi sebagai bahan bakar saat berolahraga. Tapi jika rasa lapar datang tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ada yang salah pada diri Anda.

Loading...

Lalu, apa saja yang membuat seseorang terus merasa lapar? Yuk simak ulasan berikut seperti dilansir Suara:

Minum alkohol terlalu banyak

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar. Inilah sebabnya usai mabuk, seseorang memiliki nafsu makan yang teramat tinggi.

Makan terlalu cepat

Apabila seseorang menghabiskan makanan dalam waktu yang cepat, maka leptin, sebutan untuk hormon pengatur rasa kenyang tak punya waktu untuk mengaktifkan dirinya. Beberapa studi juga menunjukkan jika Anda mengonsumsi makanan dalam waktu yang lama, rasa kenyang justru akan bertahan lebih lama.

Anda kurang tidur

Bila seseorang tidak mendapat waktu tidur yang cukup maka sulit bagi tubuh untuk memproduksi hormon leptin, pengatur rasa kenyang. Kurang tidur juga memicu pengeluaran hormon ghrelin yang merangsang nafsu makan.

Melewatkan sarapan

Studi menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan, lima kali lebih mungkin untuk mengonsumsi lebih banyak makanan dan mengalami obesitas daripada orang yang tidak pernah meninggalkan kebiasaan sarapan.

Terlalu sering menonton TV

Jika Anda terlalu sering menonton TV maka akan mudah untuk mengonsumsi makanan ringan yang tak sehat. Bahkan studi menunjukkan bahwa orang yang menonton TV lebih dari dua jam sehari lebih mungkin untuk lapar dan mengalami obesitas dibanding yang tak menonton televisi.

Stres

Saat stres produksi hormon adrenalin dan kortisol meningkat. Peningkatan kedua jenis hormon ini memicu nafsu makan yang begitu besar. Itulah sebabnya pada orang yang sedang stres, keinginan untuk makan begitu besar.

Dehidrasi

Kadang-kadang kita berpikir bahwa diri kita sedang lapar padahal kita sedang haus. Kebingungan ini terjadi di hipotalamus, bagian dari otak yang mengatur nafsu makan serta haus. Hal ini biasanya dialami seseorang dengan dehidrasi kronis. Inilah sebabnya penting bagi seseorang memenuhi kebutuhan cairannya per hari.

Mengunyah permen karet

Ketika mengunyah permen karet maka seseorang akan menelan air liur yang diproduksi. Air liur ini bergerak ke perut mencari makanan untuk diikuti. Inilah sebabnya Anda merasa lapar saat mengunyah permen karet.

Loading...

loading...