Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Alasah Kenapa saat Hamil tidak Boleh Makan Anggur

Kategori Dunia: Kehamilan, Tahukah Anda?

Mengapa saat Hamil tidak Boleh Makan Anggur? Ada yang bilang kalau sedang hamil sebaiknya jangan makan anggur. Dan ternyata hal ini cukup menjadi kontroversi di dunia medis, maupun para ibu-ibu yang mengkhawatirkan kehamilannya.

Namun apakah memang nyata bahwa anggur adalah buah berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil?

Beberapa penelitian, seperti dikutip dari Boldsky menunjukkan, bahwa ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi saat makan buah anggur di kala hamil. Di satu sisi, anggur punya nutrisi penting seperti vitamin A dan C yang dibutuhkan saat sedang hamil.

--

Di sisi lain, tingginya resveratrol ini dapat menjadi racun bagi kehamilan. Resveratrol tersebut dikandung dalam kulit anggur yang umumnya berwarna gelap. Dan anggur hitam atau merah, lebih banyak dihindari para ibu hamil karenanya.

Makan anggur di saat sedang hamil ada beberapa efeknya, sebagai berikut:

Terlalu asam
Terlalu asam juga dapat mempengaruhi kondisi bumil. Makanan yang tinggi asam ini dapat menyebabkan kembung, perut begah, serta mual dan bahkan muntah.

Diare
Makan anggur juga dapat menyebabkan diare pada bumil, dan diare ini cukup membahayakan kondisi bumil. Pada saat seseorang mengalami diare umumnya cairan tubuh akan sangat menurun drastis. Dan di kondisi seperti ini, cairan untuk bayi juga berkurang jumlahnya sehingga dapat menyebabkan bumil dan si bayi lemas.

Keracunan
Problem utama makan buah anggur seperti disebutkan di atas adalah tingginya kandungan resveratrol. Yang berpotensi meracuni kandungan dan menyebabkan hormon di tubuh tidak seimbang.

Jadi benarkah berbahaya makan anggur di saat hamil?
Anda tentu sudah tahu resiko-resiko yang bisa saja Anda temui saat makan anggur di saat sedang hamil. Namun, para peneliti menggarisbawahi bahwa pada kasus keracunan, dibutuhkan jumlah anggur yang cukup besar sehingga menyebabkan keracunan. Apabila jumlah yang dikonsumsi kecil, mungkin yang perlu Anda waspadai adalah begah dan diare.

Untuk itu, disarankan agar selalu mengonsumsi buah-buahan asam, termasuk anggur setelah perut terisi makanan lainnya.

loading...

Bacaan Terkait: