Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Alasan Kenapa ASI Membuat IQ anak Lebih Tinggi

3 Alasan Kenapa ASI Membuat IQ anak Lebih Tinggi. Memberikan anak ASI eksklusif dan menyusui memberikan banyak manfaat bagi ibu dan anak, baik secara psikologis maupun secara fisik.

Selain mempererat hubungan antara ibu dan anak, ASI juga memberikan manfaat tak ternilai bagi perkembangan otak anak. Penelitian mengungkap bahwa anak yang minum ASI memiliki IQ lebih tinggi saat dewasa.

Namun, apa penyebabnya? Berikut adalah beberapa alasan mengapa anak yang minum ASI saat bayi cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi saat dewasa, seperti dilansir oleh Mag for Women.

  1. ASI mengandung banyak nutrisi
    Air susu ibu (ASI) memiliki nutrisi sempurna dan seimbang yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. ASI juga mengandung kadar lemak yang tepat yang dibutuhkan dalam perkembangan otak bayi. Ini adalah salah satu alasan mengapa ASI bisa membuat bayi lebih cerdas dan memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula.
  2. ASI mengandung antibodi dan enzim
    ASI juga mengandung antibodi yang melindungi bayi dari berbagai infeksi dan mencegah bayi jatuh sakit. Ketika bayi sehat, lebih banyak nutrisi yang terserap dengan baik dan bisa berimbas langsung pada otak. Perkembangan otak tentunya akan lebih cepat dan lebih baik pada tubuh yang sehat.
  3. Mempererat hubungan ibu dan anak
    Penelitian menunjukkan bahwa menyusui juga bisa mempererat ikatan emosional antara ibu dan anak. Ini juga menjadi alasan mengapa anak memiliki IQ yang tinggi saat tumbuh besar dan dewasa. Anak-anak yang disusui ASI juga berisiko lebih kecil untuk menjadi pecandu alkohol saat dewasa dan memiliki emosi yang lebih stabil dibandingkan bayi yang tidak disusui ASI.

Selain memiliki IQ dan kecerdasan yang tinggi, ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan anak dari Air Susu Ibu. Untuk itu, sangat baik jika ibu mengusahakan untuk menyusui bayi mereka dengan ASi jika memang mampu dibandingkan dengan susu formula.

loading...

Bacaan Terkait: