Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Alasan Medis, Kenapa Anak Kecil Bisa Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Kenapa Anak Kecil Bisa Hamil? Pada artikel terdahlu, Dunia Baca dot Com pernah berbagi informasi tentang Ibu-ibu termuda “Melahirkan saat Usia Masih Kanak-kanak“. Dan kasus seperti ini ternyata sering terjadi.

Lantas, kenapa anak kecil bisa hamil? Berikut adalah penjelasan medis, kenapa anak kecil bisa hamil, seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Merdeka.

Kehamilan di usia muda hanya dapat terjadi ketika seorang anak mengalami apa yang disebut pubertas sebelum waktunya – menstruasi yang terjadi pada tahap sangat awal (Baca: Faktor Penyebab Cewek Cepat Puber)

Kondisi ini bisa disebabkan oleh adanya luka di kepala, yang dapat menyebabkan otak atau kelenjar pituitari mulai melepaskan hormon seksual yang muncul beberapa tahun lebih awal.

Setelah pubertas dimulai, anak akan mengalami perkembangan payudara, pertumbuhan rambut di kemaluan, dan menstruasi. Penyebab lain dari kondisi ini, termasuk masalah genetik, penyakit yang merusak otak, atau bahkan tumor yang melepaskan hormon.

Pubertas dini lebih sering terjadi pada anak perempuan daripada anak laki-laki, dan dapat mempengaruhi anak di usia lima tahun atau lebih. Mereka yang mengalami pubertas lebih awal lebih sering dihubungkan dengan sejumlah masalah medis yang berkaitan dengan pertumbuhan tulang, serta masalah sosial.

Tetapi, pengobatan tertentu dapat menghentikan pelepasan hormon dan juga mengembalikan perubahan fisik yang telah terjadi – yang memungkinkan anak untuk memiliki masa kecil yang lebih normal.

loading...

Bacaan Terkait: