Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Asal Usul Si Upik jadi Terkenal Sebagai Dukun Cilik

Kategori Dunia: Nasional, TrueStory

Asal Usul Si Upik jadi Terkenal Sebagai Dukun Cilik. Rumah Taufik Hidayat bin Afwandi (11) pelajar kelas 5 SD di Desa Petanang, Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Sumsel mendadak ramai. Pasalnya bocah yang akrab dipanggil Upik ini mendadak diberi kemampuan untuk mengobati orang.

Menurut Afyandi, paman Upik, kemampuan Upik dalam mengobati orang ini berawal dari tiga minggu yang lalu saat Upik mandi di sungai kecil di desanya. Upik bertemu dengan seorang wanita berbaju putih rambut panjang lalu wanita tersebut memberinya sebuah permen.

Setibanya di rumah, permen tersebut diberikan kepada tetangganya yaitu Malyana (75), kemudian oleh Malyana permen tersebut dikubur dalam tanah karena takut kalau nanti permen mengandung racun.

“Kemudian esok malam setelah itu ia bermimpi lagi diberi sebuah tasbih oleh seseorang, kemudian pada esok harinya lagi sekitar jam 4 sore, ia mandi bersama beberapa temannya di Sungai Batanghari Modong di Desa Petanang. Saat sedang mandi tiba-tiba ia merasa ada tasbih sudah mengalung di lehernya yang sama persis seperti tasbih dalam mimpinya itu,” katanya.

Selanjutnya, saat Upik akan menggunakan handuk ternyata tasbih tersebut hilang dari lehernya. Setelah selesai mandi, kata Afyandi, ia pulang ke rumah.

“Setiba di rumah, ketika ia membuka lemari kayu yang ada di dalam rumahnya dan ternyata di dalam lemari tersebut sudah ada sebuah tasbih yang sama persis dengan tasbih (warna kebiruan) yang mengalungi lehernya saat ia mandi di sungai tadi, dan tasbih tersebut ia kalungkan,” tuturnya.

Cara Upik mengobati orang terkadang diberikannya air jampian, terkadang dipegang atau di urut-urutnya, dengan mengucap jampi-jampian. Hingga kini kediaman Taufik selalu ramai didatangi oleh orang-orang dengan maksud untuk berobat, baik warga dalam desa itu sendiri ataupun dari desa-desa lain.

“Nenek tersebut meminta kepadanya agar mengurut kakinya yang lumpuh dan kemudian ia mengenakan tasbih dan mengurut kaki Miha. Dan Alhamdullillah nenek itu dapat berdiri dan lebih baik dari sebelumnya,” terangnya.

Tak hanya itu, keesokannya lagi ada seorang perempuan bernama Uslani, warga Desa Petanang datang ke rumahnya meminta agar mengobati dirinya yang diduga mengalami sakit terkena gangguan makhluk halus.

“Upik pun menerawang dan membenarkan kalau wanita tersebut memang bener diganggu iblis yang datangnya dari Sungai Pandan Kecamatan Tanah Abang, dan hasilnya wanita tersebut pun menjadi sembuh,” ungkapnya.

Sejak itulah akhirnya kepandaian Upik dalam pengobatan ini menjadi tersebar sehingga warga berangsur-angsur datang dan berobat di rumahnya.

loading...

Bacaan Terkait: