Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Bahaya Jika Anak Terlalu Manja

Kategori Dunia: Ibu dan Anak

Powered by: id.neuvoo.com

Bahaya Jika Anak Terlalu Manja. Setiap orang tua tentu ingin masa depan yang terbaik bagi putra-putrinya. Segala macam hal dilakukan dalam upaya membuat mereka siap untuk hari esok. Namun terkadang hal tersebut dilakukan secara berlebihan dan anak menjadi terlalu dimanjakan.

Beberapa hal yang dilakukan orang tua dalam memanjakan anaknya seperti selalu menuruti keinginannya, membiarkan ketika anak bersikap kurang patuh atau sekehendak mereka sendiri serta selalu membantu serta terlalu melindungi anak. Hal-hal tersebut ternyata dapat mempengaruhi perkembangan mental anak lho, Bun.

Jika selama ini anak manja diidentikkan dengan anak dari keluarga yang berada, hal tersebut kurang tepat, Bun. Anak yang dimanjakan adalah anak yang mengalami hal-hal berikut.

Pertama, Permintaannya selalu dipenuhi, kepentingannya selalu didahulukan serta kurang dididik untuk disiplin oleh orang tuanya.

Hal-hal tersebut mungkin terdengar cukup sepele, namun jika dibiarkan berlarut tanpa ada kesadaran untuk mengubah cara dalam mendidik, hal tersebut akan berakibat buruk pada masa depannya, Bun. Anak yang terlalu dimanjakan akan bersikap egois dan kurang peduli pada lingkungan sekitarnya. Jika sudah demikian, ia akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi atau bersosialisasi dengan lingkungan sosialnya.

Akibat yang lain adalah anak menjadi kurang percaya diri. Hal ini karena orang tuanya selalu memberinya bantuan dan dengan demikian, anak tersebut kurang bisa menghandle sendiri pekerjaannya. Jika sudah begitu, anak akan cenderung mudah putus asa dan keras kepala lho, Bun. Mereka juga akan cenderung memiliki sifat malas dan sering berleha-leha karena segala fasilitas sudah disediakan oleh orang tuanya.

Akibat yang terakhir adalah anak akan menjadi tidak mandiri. Karena selalu dibantu atau dimudahkan oleh orang tuanya, ketika harus terjun ke dunia luar, dia akan cenderung meminta bantuan orang lain. Hal ini tentunya justru akan mempersulit mereka ke depannya karena mereka tidak dapat menyelesaikan tanggung jawabnya dan tidak semua orang bisa membantunya.

Menuruti kebutuhan dan keinginan anak boleh dan sah-sah saja, tapi kalau berlebihan, pasti akan ada dampaknya. Maka dari itu, mulai sekarang coba untuk mendidik anak Anda lebih disiplin ya, Bun. Justru hal itu yang akan sangat dibutuhkan di masa depannya.

loading...

Bacaan Terkait: