Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Bakteri yang Menyebabkan Penyakit Meningitis

Kategori Dunia: Penyakit

Bakteri Penyebab Penyakit Meningitis (Radang Selaput Otak). Meningitis atau penyakit radang selaput otak ini merupakan penyakit yang bisa menular melalui batuk, dan kontak langsung makanya banyak dokter yang menyarankan untuk menjaga jarak dengan penderita meningitis.

Adapun untuk gejala, penyebab penyakit meningitis dan cara pencegahannya sudah kami share pada artikel sebelumnya (Silakan Pelajari : Penyebab dan Cara Mencegah Meningitis)

Nah, untuk lebih jauh mengetahui penyebab penyakit radang selaput otak (meningitis) pada pertemuan kali ini kami akan memaparkan secara rinci beberapa bakteri penyebab penyakit meningitis. Berikut ulasannya :

--

Bakteri Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus)
Bakteri Streptococcus Pneumoniae (pneumococcus) merupakan salah satu bakteri yang paling ditakui lantaran Streptococcus Pneumoniae merupakan bakteri penyebab penyakit meningitis yang biasa menyerang pada anak – anak dan balita, jenis bakteri ini juga bisa menyebabkan penyakit paru atau infeski paru ( Pneumonia ) penyakit telinga dan juga bisa menyebabkan radang pada hidung atau (sinusitis).

Bakteri Haemophilus Influenzae (haemophilus)
Bakteri Haemophilus Influenzae (haemophilus) type B merupakan jenis bakteri yang juga tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan infeksi pernapasan dan gangguan – gangguan lain pada telinga dan hidung namun untuk jenis bakteri ini masih bisa diatasi dengan memberikan vaksin (Hib vaccine).

Bakteri Staphylococcus Aureus dan Mycobacterium Tuberculosis
Untuk Bakteri penyebab meningitis yang lainnya adalah bakteri Staphylococcus Aureus dan juga Mycobacterium Tuberculosis, yang memang bakteri berbahaya karena merupakan salah satu penyebab TBC.

Bakteri Listeria Monocytogenes (listeria)
Untuk bakteri yang satu ini sangat banyak dijumpai, bakteri jenis Listeria Monocytogenes ini biasa tersebar di tempat – tempat umum melalui hewan peliharaan dan beberapa makanan yang memiliki potensi besar terkontaminasi bakteri jenis Listeria ini seperti Daging Sandwich, keju dan Hot Dog.

Bakteri Neisseria Meningitidis (meningococcus)
Untuk jenis bakteri penyebab meningitis yang satu ini sangatlah berbahaya dari pada yang lain jenis bakteri Niesseria Meningitidis ini berbahaya lantaran bakteri ini langsung menyerang saluran pernafasan yang kemudian bakteri berjalan menunju ke otak, sehingga menjadi penyebab timbulnya meningitis. Infeksi bakteri jenis ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi para penderitanya hanya dalam jangka waktu 24 hingga 48 jam.

Pembaca, itulah jenis-jenis bakteri penyebab penyakit meningitis yang dapat kami share. Semoga bermanfaat bagi para pembaca semua.

loading...

Bacaan Terkait: