Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Berbagai Penyebab Susah Buang Air Besar – BAB

Kategori Dunia: Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

Penyebab Susah BAB – Buang Air Besar. Jika Anda sering mengalami sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB), Anda tidak sendirian. Pasalnya, data American Society of Colon and Rectal Surgeons menyebutkan bahwa sembelit merupakan gangguan kesehatan umum yang mempengaruhi sekitar 80 persen orang di dunia.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa penyebab umum susah BAB menurut beberapa pakar, seperti dilansir dari laman Liputan6

Kurang mengonsumsi serat
Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK mengatakan, sembelit merupakan tanda bahwa kita kurang mengonsumsi serat seperti buah dan sayur.

“Sayur mengandung serat tidak larut dan buah mengandung serat larut. Serat larut berguna untuk mengikat lemak, glukosa. Sedangkan sayur berguna untuk membentuk feses. Serat juga merupakan bagian dari karbohidrat, yang tidak menghasilkan energi dan bukan merupakan sumber gula, namun berperan menjaga kesehatan usus. Agar sehat, kita butuh dua-duanya,” jelas Fiastuti.

Sering menahan BAB
Pada dasarnya keinginan untuk BAB tidak boleh ditahan. Namun seringkali keinginan BAB muncul saat kita sedang dalam perjalanan.

Ahli pencernaan dari American College of Gastroenterolog,Jordan Karlitz, MD menuturkan, ketika seseorang pergi berlibur atau berada dalam perjalanan, mereka cenderung mengonsumsi makanan yang menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar.

“Perbaikan utama adalah mendapatkan cukup serat 25 gram per hari untuk wanita dewasa. Jika Anda tahu akan melakukan perjalanan jauh, usahakan tetap mengonsumsi serat,” kata Karlitz, seperti dikutip Womenshealthmag, Senin (29/9/2014).

Stres
Berdasarkan pengalaman Karlitz, pasien yang memiliki masalah pada ususnya juga ada kecenderungan akibat stres.

“Stres atau kurang tidur dapat mempengaruhi sistem saraf enterik yang membuat sulit ke kamar mandi,” katanya.

Hamil
Sulit buang air besar juga biasanya dialami wanita hamil karena ada banyak perubahan hormon dan pola makan ditambah stres.

“Jika Anda sedang hamil dan merasa sangat susah buang air besar, maka hindari makanan berlemak seperti pizza atau eskrim,” jelas Karlitz.

Dehidrasi
“Meski sembelit cenderung disebabkan kurang serat, tapi sebenarnya tanpa minum air putih yang cukup, Anda juga bisa kesulitan buang air besar. Jadi minumlah!,” kata Karlitz.

Fungsi tiroid terganggu
“Jika berbagai penyebab sembelit telah dikesampingkan, seorang internis dapat memeriksa fungsi tiroid Anda. Terkadang, hipotiroidisme juga menjadi penyebab sembelit,” kata Karlitz.

Memiliki Kondisi kronis
Jika Anda terus-menerus sulit buang air besar dan disertai rasa sakit, mungkin Anda mengalami gangguan pencernaan seperti Irritable Bowl Syndrome (IBS).

“Irritable Bowel Syndrome adalah gangguan yang sangat umum terjadi. Dapat berupa diare atau sembelit. Jika Anda mencurigai IBS, segeralah memeriksakan diri ke dokter,” jelas Karlitz.

Pada akhirnya, tambah Karlitz, perbaikan kondisi ketika kita susah BAB adalah makan sehat, minum banyak air, dan mendapatkan serat 25 gram setiap hari dari berbagai sumber.

“Serat terdiri dari dua macam. Serat larut, yang larut dalam air (seperti gandum, apel, dan kacang-kacangan), dan serat tidak larut (seperti gandum, brokoli, dan sayuran berdaun gelap banyak). Kebanyakan orang membutuhkan keduanya untuk menjaga ususnya tetap sehat,” tambahnya.

loading...

Bacaan Terkait: