Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Cara Ampuh Mencegah Penyakit Menular Seksual

Kategori Dunia: Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Menular Seksual. Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit infeksi yang menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak seksual. Walau umumnya menyerang mereka yang telah seksual aktif, penyakit ini menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. (Baca juga: 10 Penyakit yang Menular Melalui Hubungan Seks)

Beberapa penyebab penyakit tidak hanya menular melalui kegiatan seksual. Kurang diperhatikannya kebersihan benda yang digunakan bersama-sama juga bisa menjadi media penularan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencegah penularan berbagai penyakit ini. (Baca juga: Gejala Penyakit Menular Sekssual Chlamydia dan Cara Mengobatinya)

Untuk mencegah PMS ini, berikut adalah kebiasaan berperilaku tertentu yang harus Anda perhatikan lebih serius dan praktekkan, sebagaimana dilansir dari laman okezone, Rabu (18/3) berikut ini :

Hindari aktivitas seksual dini
Aktivitas seksual pada usia dini adalah salah satu penyebab PMS. Semakin muda seseorang biasa akan perilaku tersebut, maka semakin tinggi risiko mereka terinfeksi PMS. (Baca juga: Bahaya Seks di Usia Remaja)

Kebersihan
Ada banyak perilaku bersih yang harus Anda terapkan untuk mencegah PMS. Yang terpenting adalah membersihkan diri dengan benar sebelum dan sesudah berhubungan seks. (Baca juga: 5 Kebiasaan Sehat sebelum Berhubungan Intim yang Harus Diperhatikan)

Setia pada satu pasangan
Hal ini adalah saran terbaik untuk mencegah PMS. Memiliki pasangan yang dapat dipercaya dan tidak terinfeksi jelas mampu mengurangi risiko infeksi. (Baca juga: Ciri-ciri Wanita yang Mudah Selingkuh)

Vaksinasi
Ada banyak vaksinasi yang direkomendasikan oleh para ahli untuk orang dewasa, yang di antaranya untuk mencegah PMS. Vaksinasi seperti vaksin HPV, bisa diberikan pada remaja dini untuk mencegah penyakit kulit dan kanker yang disebabkan virus Human Papilloma.

Menggunakan kondom
Cara untuk mencegah PMS yang gencar dikampanyekan adalah menggunakan kondom. Penggunaan kondom bukan untuk mendorong orang lebih sering berhubungan seks, namun untuk memproteksi mereka dari penyakit. (Baca juga: 15 Kesalahan saat Memakai Kondom)

Sunat
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa sunat yang dilakukan pada pria signifikan dalam mengurangi risiko pria menyebarkan PMS pada wanita. (Baca juga: 5 Manfaat Sunat untuk Kesehatan)

Edukasi seks
Edukasi mengenai perilaku dan hubungan seks yang aman harus dimulai sejak usia sekolah. Membuat remaja perhatian dengan cara mencegah penyalahgunaan seks harus diberi prioritas utama, mengingat minimnya pengetahuan menjadi penyumbang meningkatnya kasus PMS. (Baca juga: Pengertian Pendidikan Seks serta Manfaatnya)

loading...

Bacaan Terkait: