Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Cara Efektif Menghilangkan Bau Kaki tak Sedap

Kategori Dunia: Kecantikan

Powered by: id.neuvoo.com

Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Bau Kaki tak Sedap. Aroma tidak sedap yang timbul dari kaki tentunya membuat Anda tidak percaya diri. Sebenarnya, dari mana bau kaki berasal? Menurut podiatrist (ahli penyakit kaki) Josep Stern, orang rata-rata memiliki masing-masing 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya.

Seperti keringat lain pada tubuh, keringat di kaki sebenarnya tidak berbau. Tapi akibat keringat yang berlebihan, kelenjar keringat bisa berreaksi terhadap bakteri (yang biasanya menempel pada sel-sel kulit mati), lalu dilepaskan ke udara dan membuat kaki berbau.

Jika Anda termasuk penderita masalah bau kaki, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan, atau paling tidak menguranginya, seperti dikutip dari Canadian Living.

  1. Kenakan kaus kaki terbuat dari katun yang mudah menyerap keringat. Sebelum memakai kaus kaki, taburkan dulu telapak kaki dengan talc untuk mencegah keluarnya keringat berlebih dan menjaga kaki tetap kering. Fokuskan pemakaian bedak tabur pada sela-sela jari kaki.
  2. Semprotkan bagian dalam sepatu dengan deodorizer untuk meminimalisir bau. Jika sepatu Anda boleh dicuci, bersihkan menggunakan air panas untuk membunuh bakteri. Dokter Naturopati Meghan Walker menganjurkan untuk memasukkan masing-masing satu sachet lavender atau kepingan kayu cedar ke dalam sepatu di malam hari agar aromanya lebih harum.
  3. Taburkan minimal satu sendok teh baking soda ke masing-masing sepatu untuk menetralisir bau kaki dan menjaga kaki tetap kering selama dipakai beraktivitas. Bisa juga dengan menaruh kantung kain berisi bubuk arang dan baking soda sehari semalam. “Baking soda sangat efektif menyerap bau tidak sedap,” ujar Meghan.
  4. Cuci kaki secara teratur dengan air hangat dan sabun antibakteri. Setiap dua hingga tiga kali seminggu, rendam kaki di dalam air hangat yang telah diberi dua cangkir garam mineral dan beberapa tetes minyak tea tree atau thyme untuk membunuh bakteri.
  5. Kurangi produksi kelenjar keringat dengan mandi teh. Kandungan tanin di dalam teh hitam efktif membantu menutup beberapa pori-pori pada kaki. Saran Meghan, tambahkan air seduhan teh ke dalam baskom atau wadah berisi air dingin. Rendam kaki selama 20 menit, lakukan lima hari berturut-turut.

loading...

Bacaan Terkait: