Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Cara Melatih Fungsi Otak

Kategori Dunia: Kesehatan

Cara Melatih Fungsi Otak. Otak disebut organ penting karena ia bekerja sebagai pusat komando tubuh. Tidak hanya urusan fisik, emosi pun diatur serta dikendalikan oleh otak. Melakukan aktivitas fisik sederhana hingga pemecahan masalah, semuanya membutuhkan kerja otak.

Bila selama ini Anda susah fokus, mudah terganggu konsentrasinya dalam menyelesaikan tugas, mungkin saja karena Anda mengalami penurunan kerja otak.

Mudah lupa dan sulit mengingat nama orang juga bisa jadi pertanda kinerja otak yang menurun. Namun semua itu bisa dicegah dan diatasi dengan latihan memori.

Para ahli dari situs pelatihan otak, Lumosity, mengatakan penting untuk melatih otak Anda secara rutin. Keuntungan dari melatih otak Anda, bukan hanya menjaga kesehatan otak namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau Anda masih bingung bagaimana cara melatih otak, begini cara mudahnya:

1. Makan yang benar
Mungkin selama ini Anda makan sehat dengan alasan menjaga kesehatan tubuh Anda. Nah, kenapa tidak menambahkan alasannya: makan untuk untuk kesehatan otak. Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel otak, dan omega-3 adalah asam lemak penting untuk otak Anda. Ingat-ingat ini kalau ingin makan, agar nutrisi kesehatan otak terpenuhi.

2. Olahraga
Olahraga teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda dengan menyeimbangkan zat kimia otak dan sirkulasi darah lebih efisien. Studi bahkan menunjukkan bahwa latihan fisik dapat merangsang produksi sel-sel otak baru.

3. Bergaul
Kurangi menghabiskan waktu berinteraksi dengan media sosial seperti Facebook. Mulailah melakukan interaksi sosial dalam bentuk fisik. Ajak sahabat bertemu dan kumpul-kumpul bersama, bikin janji makan siang, atau liburan akhir pekan bersama. Manusia adalah mahluk sosial, dan itu artinya otak kita sangat menyukai kontak sosial. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa memiliki kehidupan sosial yang aktif mencegah pikun atau kehilangan memori.

4. Tidur
Tidur memainkan peran penting dalam pembentukan memori. Otak Anda menggunakan tidur untuk memproses dan memahami aktivitas yang Anda lakukan sepanjang hari, mengonsolidasikan ingatan, dan menghasilkan ide-ide baru yang kreatif.

5. Latihan memori
Latihan terbaik bagi otak Anda adalah permainan yang membutuhkan sebuah tantangan kecerdasan, seperti permainan memori yang merangsang bagian berbeda dari otak Anda. Main game atau mengisi teka-teki silang hanya merupakan beberapa contohnya. Dalam permainan tersebut terdapat tingkat kesulitan dalam pemecahan masalah. Jadi bila sebuah permainan memori yang Anda miliki sudah terasa terlalu mudah, saatnya meningkatkan levelnya. Sebuah permainan yang melatih otak bahkan dapat membantu meningkatkan kemauan dan motivasi diri yang berguna dalam segala aspek kehidupan Anda.

loading...

Bacaan Terkait: