loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Cara Mudah Agar Bayi Lekas Tidur Nyenyak

Kategori Dunia: Ibu dan Anak

Cara Mudah Agar Bayi Lekas Tidur. Bagi setiap orang tua yang memiliki bayi, tentu akan mencoba memberikan perawatan yang terbaik untuk si bayi. Namun, tidak jarang, karena suatu sebab seorang bayi akan rewel, menangis sepanjang hari bahkan susah sekali tertidur.

Pada dasarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua agar buah hatinya yang masih bayi bisa lekas tidur. Meski cukup sederhana, nampaknya cara ini ampuh dan bisa bikin si bayi lekas tidur. Berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan orang tua agar bayi lekas tidur seperti yang dilansir dari laman vemale.

Atur Waktu Tidur
Agar bayi lebih mudah untuk tidur, cara pertama yang sangat perlu diperhatikan dan diterapkan adalah atur waktu tidur buah hati Anda. Mulailah dengan mengajaknya memiliki rutinitas tidur yang teratur serta konsisten. Sadar atau tidak, langkah ini bisa membuat buah hati Anda memiliki waktu tidur yang teratur dan ia lebih mudah untuk segera tidur.

Pakaian
Pastikan untuk memberikan pakaian yang nyaman untuk buah hati Anda. Hindari memakaikan pakaian yang ketat atau sesak selama ia tidur. Usahakan, untuk memakaikan baju tidur khusus untuk bayi Anda. Pastikan pula dengan pakaiannya tersebut buah hati Anda selalu hangat (tidak gerah ataupun tidak kedinginan).

Pengantar Tidur
Beberapa study menyebutkan bahwa pengantar tidur tidak hanya diperlukan oleh orang dewasa saja. Bayi dan anak-anak sangat memerlukan hal ini. Agar bayi lebih mudah tertidur, usahakan untuk memberinya pengantar tidur berupa cerita ataupun lagu. Bacakan cerita yang membuatnya bahagia dan nyaman. Jika ia tetap menangis, beri buah hati Anda cerita atau lagu lain hingga ia kembali tenang.

Beri Makan Bayi Anda
Siapapun percaya bahwa tidur dengan perut kosong atau ketika sedang lapar memang sangat tidak nyaman. Dan hal ini juga dirasakan oleh seorang bayi. Untuk bantu bayi lebih mudah dan lekas tertidur, usahakan agar bayi Anda selalu dalam kondisi kenyang. Jangan ragu untuk memberinya asi atau susu sebelum ia tidur.

Jauhkan Bayi Dari Gadget
Tidak hanya orang dewasa yang perlu jauh-jauh dari gadget ketika ia ingin tidur nyenyak dan berkualitas. Bayi juga memerlukan hal yang sama. Agar bayi lebih mudah dan lekas tertidur, pastikan untuk menjauhkannya dari gadget ataupun benda elektronik lainnya. Gelombang frekuensi dari benda-benda elektronik dikatakan bisa mengganggu konsentrasi seseorang sebelum tidur termasuk konsentrasi bayi.

Peluk Bayi
Saat berada di pelukan dan dekapan sang bunda ataupun ayah, seorang bayi akan merasa lebih tenang dan bahagia. So, ketika Anda ingin buah hati segera tidur dan istirahat, pastikan untuk menemaninya dan berada di sampingnya saat ia tidur. Jika ia nangis dan rewel, pastikan untuk memeluk dan menggendongnya. Penelitian menyebutkan bahwa cara ini akan mempermudah buah hati untuk tidur.

Itulah beberapa cara mudah yang perlu dilakukan agar bayi Anda lekas tidur. Selain cara di atas, tempat tidur yang nyaman juga menjadi penentu agar si bayi lekas tidur dengan nyaman dan nyenyak. Memasang lampu redup juga akan membuat si bayi lebih mudah tertidur, hal ini juga dipercaya baik untuk kesehatannya.

loading...

Bacaan Terkait: