loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Cara Sahabat Rasulullah Ajarkan Puasa Pada Anak

Kategori Dunia: Gema Ramadhan, Ibu dan Anak

Cara Sahabat Rasulullah Ajarkan Puasa Pada Anak. Masih banyak orangtua yang bingung cara ampuh untuk mengajarkan anak untuk berpuasa. Dalam hadis riwayat Bukhari, sahabat Rasulullah, Ruba’i binti Mu’awwidz pernah memberikan petunjuk dan saran.

Saat itu nabi tengah mengutus para sahabat ke desa kaum Anshar pada siang hari di bulan Ramadan.

Nabi berkata, “Siapa yang telah membatalkan puasanya, maka lanjutkan lah puasa kalian. Dan siapa yang masih belum batal, maka tetap lah berpuasa,”.

Mendengar hal tersebut Ruba’i binti Mu’awwidz mengatakan,”Sejak saat itu kami berpuasa dan melatih anak-anak kami untuk berpuasa.

“Kami menyediakan mainan yang terbuat dari bulu (sejenis boneka) untuk anak-anak kami. Jika mereka menangis minta makan, kami memberi mainan tadi. Begitu sampai waktu berbuka tiba,”.

Para pakar psikologi mengatakan hal tersebut membuat anak akan memandang positif tentang puasa. Bagi mereka puasa tidak menyusahkan tetapi kebahagiaan karena ada hadiah yang menanti dan membuat anak akan gembira menyambut bulan puasa.

Jangan sekali-kali memukul anak yang tidak berpuasa, menurut pakar pendidikan hal tersebut justru akan mendorong anak untuk berbohong dan pura-pura berpuasa.

loading...

Bacaan Terkait: