Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Ciri-ciri Istri Terbaik Menurut Rasulullah SAW

Kategori Dunia: PASUTRI

Powered by: id.neuvoo.com

Ciri-ciri Istri Terbaik Menurut Rasulullah SAW. Menjadi pasangan baik bagi suaminya tentu menjadi idaman setiap wanita. Memberikan yang terbaik bagi suami merupakan syariat Islam bagi seorang muslimah.

Dalam haditsnya, Rasulullah SAW telah memberikan beberapa ciri wanita terbaik bagi suaminya.

Rasulullah SAW ditanya: siapakah wanita yang paling baik? Beliau menjawab: “Yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, taat jika diperintah suaminya dan tidak menyelisihi suami dalam diri dan hartanya dengan apa yang dibenci suaminya.” (HR. An Nasa’i, shahih)

Berikut ciri wanita terbaik yang disarankan Rasulullah SAW, seperti dilansir dari laman Merdeka yang dirangkum dari buku Hadits Shahih Bukhari Muslim

Enak dipandang suami

Dalam haditsnya, menurut Rasulullah SAW ciri pertama wanita terbaik bisa menyenangkan suami ketika di pandang. Menyenangkan disini maksudnya ialah kecantikan istri itu terpancar dari dalam jiwa.

Tidak pernah ada aura kekesalan dalam wanita terbaik itu selain wajahnya memancarkan aura keteduhan karena sering kena air wudhu. Dengan catatan kaum wanita ini bukan tidak boleh bersolek, mempercantik dri sangat disarankan asalkan tak berlebihan. Senyuman terindah yang diberikan untuk suami dan polesan seindah mungkin membuat suami memiliki rasa yang sangat senang.

Taat pada perintah suami

Wanita yang paling baik adalah wanita yang mentaati istrinya ketika diperintah. Sepanjang perintah itu tidak bertentangan dengan syariat Allah SWT.

Suami adalah pemimpin dan imam bagi istri. Pesan ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Quran surat An-Nisa. “Laki-laki adalah pemimpin bagi wanita.” (QS. An Nisa’: 34).

Menjaga kehormatan & harta suami

Menjaga kehormatan dan harta suami menjadi ciri terakhir sesuai anjuran Rasulullah SAW. Menjaga kehormatan sebagai muslimah dan seorang istri artinya menjaga tata pergaulan dalam Islam.

Sedangkan menjaga harta suami adalah selalu menggunakan harta suami sesuai dengan kesepakatan bersama. Diperbolehkan istri memaki harta suami tanpa izin, dengan catatan, jika suaminya sangat kikir. Istri tersebut diperbolehkan menggunakan harta suaminya tanpa izin hanya untuk kebutuhan keluarga.

loading...

Bacaan Terkait: