Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Ciri-ciri Jantung yang Tidak Sehat

Kategori Dunia: Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat. Gejala serangan jantung atau penyakit jantung yang parah tentu sudah diketahui oleh banyak orang., Namun tak banyak yang mengetahui gejala awal yang menunjukkan bahwa jantung Anda tak sehat dan bisa bermasalah.

Masyarakat harus mengetahui gejala ketika jantung mereka mulai bermasalah dan tak sehat. Berikut adalah beberapa tanda sangat awal yang dimiliki seseorang ketika jantung mereka tak sehat, seperti dilansir oleh Daily Health Post berikut ini :

Rasa Sakit di Bagian Dada dan Pundak

Salah satu gejala umum dari jantung yang tak sehat adalah angina, yaitu semacam rasa sakit pada bagian dada. Angina berbeda dengan rasa sakit yang tajam ketika terjadi serangan jantung. Biasanya angina terasa seperti rasa sakit yang dalam dan membuat jantung terasa berat. Rasa sakit akan semakin parah ketika Anda mencoba menarik napas. Pada beberapa orang angina tidak terasa sakit, namun membuat dada terasa penuh, sesak, dan berat.

Rasa sakit ini biasanya disalahartikan sebagai rasa sakit akibat masalah lambung. Selain pada bagian dada, rasa sakit angina juga bisa terjadi pada pundak, leher, tangan, punggung bagian atas, dan lainnya yang biasanya disalahartikan sebagai keram otot.

Mengapa hal ini terjadi?
Hal ini terjadi karena adanya timbunan plak pada pembuluh darah arteri dan menekan otot jantung, sehingga jantung terasa seperti tertekan. Kebanyakan orang akan mengalami angina ketika mereka stres atau setelah olahraga.

Apa yang harus dilakukan?
Jika Anda memiliki angina, segera temui dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat untuk membuat pembuluh darah rileks dan meningkatkan aliran darah pada jantung.

Gusi Bengkak dan Berdarah

Gusi yang bengkak dan berdarah tak hanya menunjukkan adanya masalah mulut dan adanya bakteri pada gusi dan gigi, namun juga menunjukkan adanya penyakit jantung pada tahap awal.

Mengapa hal ini terjadi?
Peneliti percaya bahwa sirkulasi yang buruk akibat penyakit jantung bisa menyebabkan masalah pada gusi dan gigi. Peneliti juga meneliti apakah bakteri yang menyebabkan penyakit gusi sama dengan bakteri yang menyebabkan plak pada pembuluh darah arteri.

Apa yang harus dilakukan?
Temui dokter gigi untuk mengatasi masalah gusi yang berdarah dan bengkak untuk mencegah munculnya bakteri. Karena penyakit gusi bisa menjadi peringatan adanya peradangan dan masalah sirkulasi darah.

Masalah Seksual

Masalah seksual seperti disfungsi ereksi tak hanya diakibatkan oleh masalah seksual semata, namun juga bisa merupakan tanda awal dari penyakit jantung. Hal ini terjadi karena aliran darah yang tak lancar dari jantung menuju organ intim. Pada wanita, penyakit jantung pada tahap awal bisa membuat mereka kehilangan minat untuk seks atau sulit mencapai orgasme.

Mengapa hal ini terjadi?
Hal ini terjadi karena adanya penyusutan dan pengerasan arteri sehingga darah tak bisa mengalir lancar ke organ seksual pria. Hal ini membuat mereka sulit mengalami ereksi. Selain itu, karena arteri pada organ intim lebih kecil daripada yang menuju ke jantung, maka disfungsi ereksi biasanya muncul dulu sebelum tanda-tanda lainnya.

Apa yang harus dilakukan?
Kunjungi dokter untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari masalah seksual yang Anda alami. Bisa jadi hal ini berkaitan dengan kesehatan organ reproduksi, namun juga bis disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit jantung.

Mendengkur

Jika Anda sering mendengkur dengan sangat keras dan sering mengalami masalah pernapasan saat tidur, bisa jadi jantung Anda bermasalah. Mendengkur disebabkan oleh kesulitan bernapas sat tidur. Hal ini berkaitan dengan masalah pada jantung. Selain itu, apnea tidur atau kesulitan bernapas saat tidur juga bisa merupakan pertanda jantung yang tak sehat.

Mengapa hal ini terjadi?
Kesulitan bernapas sat tidur akan menurunkan suplai oksigen ke jantung. Pada akhirnya jantung harus memompa lebih keras untuk mendukung kinerja paru-paru. Pada akhirnya jantung akan kelelahan dan mengalami masalah.

Apa yang harus dilakukan?
Apapun masalah yang dialami saat tidur harus diselesaikan terlebih dahulu. Itu menunjukkan ada yang salah. Ketika memeriksakan diri ke dokter, jangan hanya memeriksakan masalah tidur, melainkan juga periksakan kesehatan jantung Anda.

Napas Pendek-pendek

Gejala paling awal yang muncul dan jarang sekali diperhatikan adalah napas yang semakin pendek. Terutama ketika sedang berolahraga, mengalami stres, dan lainnya. Napas yang semakin pendek-pendek bisa menunjukkan adanya masalah pada jantung atau paru-paru. Anda mungkin mengalami tekanan pada dada sehingga tak bisa mengambil napas dalam. Hal ini terutama patut diwaspadai jika Anda juga merasa lebih sulit bernapas di malam hari.

Mengapa hal ini terjadi?
Ketika jantung bermasalah dan tak bisa memompa dengan keras, akan ada lebih sedikit oksigen yang mengalir dalam darah. Hasilnya, napas akan semakin pendek dan seolah tak bisa bernapas dengan baik.

Apa yang harus dilakukan?
Mengalami napas yang pendek-pendek, baik saat olahraga maupun saat biasa selalu merupakan alasan yang baik untuk melakukan check up. Temui dokter atau lakukan pemeriksaan pada organ tubuh Anda untuk menemukan adanya masalah.

Kaki Bengkak

Ketika kaki Anda terasa bengkak, bisa jadi itu tak hanya karena Anda baru berjalan jauh, tetapi juga merupakan tanda adanya masalah dengan jantung. Perhatikan beberapa tanda seperti jari dan kaki yang membengkak, serta adanya tanda tekanan pada kaki setelah menggunakan sepatu atau sandal dalam waktu yang lama. Itu pertanda Anda memiliki masalah yang dinamakan edema, yang merupakan tanda awal adanya masalah jantung koroner, penyakit jantung, atau lainnya.

Mengapa hal ini terjadi?
Kaki bengkak akibat adanya retensi cairan. Hal ini terjadi karena jantung tak memompa cukup keras dan darah gagal untuk membawa produk limbah keluar jaringan. Edema biasanya dimulai dari kaki, mata kali, jari-jari, dan betis karena bagian tersebut yang paling jauh dari jantung dan mendapat sirkulasi yang buruk.

Apa yang harus dilakukan?
Sekali lagi, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Kaki yang bengkak seringkali diabaikan orang dan tak ada yang sadar bahwa itu berkaitan dengan kesehatan jantung.

Pembaca, itulah beberapa gejala tersembunyi ketika jantung Anda bermasalah. Cek apakah Anda memiliki beberapa tanda tersebut. Jika iya, jangan abaikan dan segeralah menemui dokter untuk memeriksakan diri.

loading...

Bacaan Terkait: