Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Daftar Nenek-Nenek Paling Tajir Di Dunia

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Daftar Nenek-Nenek Paling Tajir Di Dunia. Lembaga riset khusus orang orang terkaya di dunia, Wealth-X melansir data terbaru mengenai wanita paling tajir di dunia. Terdapat 9 wanita terkaya di dunia, dimana jika harta mereka semua dijumlahkah maka totalnya mencapai USD 230 miliar atau setara dengan Rp 2.959 triliun.

Meski demikian, kekayaan para perempuan lanjut usia ini tidak murni didapat dari usaha mereka sendiri. Mayoritas kekayaan nenek nenek triliuner ini didapat karena menjadi pewaris uang dan harta dari suami maupun ayah mereka.

Dikutip dari dailymail, Presiden Wealth-X David Friedman mengatakan dari seluruh triliuner atau orang kaya dunia, 286 di antaranya adalah perempuan. Namun hanya 17 persen dari perempuan kaya ini karena hasil usaha dan keringat mereka sendiri, selebihnya karena menjadi pewaris. Untuk laki laki, 60 persen dari mereka kaya dari hasil usaha sendiri.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, total harta 9 nenek nenek paling tajir sedunia ini mencapai hampir 2 kali target pajak maupun belanja pemerintah. Dalam APBN-P 2015, target pajak pemerintah sepanjang tahun hanya Rp 1.484,6 triliun. Rinciannya, Rp 1.244,7 triliun pajak non migas pajak, bea cukai Rp 188 triliun, serta PPh migas Rp 55,5 triliun.

Berikut daftar perempuan paling tajir sedunia versi Wealth-X:

Liliane Bettencourt

Liliane kini sudah berusia 92 tahun, namun nenek ini mempunyai kekayaan USD 41,2 miliar. Liliane adalah pewaris perusahaan kosmetik ternama asal Perancis yaitu L’Oreal. Kekayaan Liliane belakangan ini bertambah USD 400 juta karena perdagangan saham yang membaik sehingga menobatkan dia sebagai wanita paling tajir sejagat raya.

Janda yang menderita demensia ini saat ini tidak lagi terlibat langsung dalam penyelenggaraan perusahaan. Dia hanya mewarisi saham dari ayahnya yaitu Eugene Schueller yang pertama kali memulai bisnis menjual produk kecantikan di awal abad 20 silam

Christy Walton

Christy saat ini sudah berusia 60 tahun dan mempunyai kekayaan sebanyak USD 41,1 miliar. Christy menempati posisi atas wanita paling tajir sejagat dalam jangka waktu yang lama.

Christy mewarisi kekayaan dari almarhum suaminya yang beruntung memegang bagian yang besar dari bisnis ritel, Walmart. Christy menikahi John yang merupakan anak dari pendiri Walmart yaitu Sam. Meski bukan berasal dari keluarga Sam, Christy tetap mewarisi kekayaan ini karena ahli waris tewas karena kecelakaan pesawat terbang kecil di 2005 silam.

Menurut Fortune Global 500 2008 silam, Walmart adalah perusahaan publik terbesar di dunia berdasarkan pendapatan.

Alice walton

Alice yang kini sudah berusia 65 tahun mempunyai harta kekayaan sebesar USD 38,6 miliar. Alice mewarisi kekayaan ayahnya pemilik Walmart yaitu Sam. Meski tidak terlibat langsung dengan bisnis ayahnya, dia lebih memilih untuk menghabiskan waktu dan sumber dana untuk investasi membangun museum dengan luas 200.000 meter persegi dengan konsep modern di Arkansas.

Alice adalah pewaris yang hidup dari keluarga walton. Namun dia sedikit bermasalah karena menikah dua kali dan bercerai dari suami pertama tanpa ada anak. Dia juga telah membunuh seorang wanita dengan menabraknya di tahun 1998. Namun dia tidak harus membayar denda atau pungutan.

Saat ini, tempat tinggal utama Alice adalah di dekat peternakan kuda di Texas. dia juga memiliki dua lantai di Park Avenue.

Jacqueline Mars

Jacqueline saat ini sudah berusia 75 tahun dan mempunyai harta kekayaan USD 27 miliar. Dia mewarisi USD 26,8 miliar dari perusahaan kakeknya yang dimulai di Washington yaitu Mars Inc candy company. Perusahaan ini bahkan menggunakan namanya.

Kini, Jacqueline membagi rata perusahaan ini dengan dua saudara laki lakinya yaitu Forrest Jr dan John. Namun demikian, Jacqualine mempunyai pengalaman yang hampir sama dengan Alice Walton yaitu kecelakaan fatal pada tahun 2013 silam. Dia mengaku bersalah atas tindakan sembrono dalam mengendarai mobil yang menyebabkan kematian dan menyebabkan seorang wanita hamil keguguran. Jacqualine harus ganti rugi atas kecelakaan ini.

Laurene Powell Jobs

Wanita berusia 51 tahun ini merupakan janda dari penemu Apple yaitu Steve Jobs. Laurene mewarisi saham di perusahaan teknologi raksasa tersebut serta Disney sejak pernikahannya dulu.

Hingga kini hartanya mencapai USD 19,3 miliar. Laurene sekarang juga meneruskan karir di bidang keuangan. Laurene merupakan lulusan termuda dari Standford Business School. Selain itu, Laurence kini sibuk memupuk jiwa kewirausahaan untuk orang kurang mampu dan mendukung reformasi pendidikan.

Susanne Klatten

Wanita yang kini berusia 52 tahun ini mempunyai kekayaan USD 17,2 tahun. Susanne mewarisi kekayaan ayahnya yaitu pengusaha otomotif Jerman yaitu Herbert Quand yang memimpin kembalinya BMW di abad ke 20 ini. Susanne pernah bekerja di perusahaan ayahnya tersebut sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menikah dengan seorang enginer.

Dalam kesempatan ini, Susanne sudah mewarisi kekayaan USD 16,9 miliar. Bisnisnya terus berkembangdan dia juga mempunyai perusahaan turbin yaitu Nordex, dan juga perusahaan kimia yaitu Altana.

Susanne yang merupakan wanita terkaya ke-6 di dunia ini menyelesaikan pendidikan di University of Buckingham di Inggris. Kemudian dia mendapat gelar MBA di Switzerland.

Informasi saja, wanita yang mempunyai 3 orang anak ini pernah tersandung kasus video mesum dengan seorang pengusaha hingga akhirnya dia harus membayar denda USD 72 juta.

Anne Cox Chambers

Anne saat ini sudah berusia 95 tahun dan mempunyai harta kekayaan USD 17,1 miliar. Anne mewarisi kekayaan ayahnya yaitu James Cox yang merupakan pemilik perusahan media yang mempunyai saham di Cox Enterprise.

Informasi yang beredar di kerjaan Chambers, Anne terus mengembangkan sayap bisnis media Cox ke menjadi perusahaan kabel serta stasion televisi berbayar dan radio. Selain aktif di perusahaan ayahnya, Anne juga sibuk dengan bisnis lainnya.

Selain aktif berbisnis, Anne juga aktif di bidang politik dan diangkat duta besar untuk Belgia oleh Presiden AS Jimmy Carte pada masanya.

Johanna Quandt

Johanna merupakan ibu dari Susanne klatten yang kini berusia 88 tahun. Awalnya, Johanna adalah sekretaris Herbert Quandts yang merupakan bos besar pabrikan mobil Jerman, BMW. Akhirnya, Herbert menikahi Johanna.

Kini Johanna mewarisi kekayaan perusahaan otomotif tersebut dan memiliki saham mayoritas. Perusahaannya juga memproduksi mobil Rolls Royce dan Mini Cooper. Selain itu, Johanna juga bergabung dengan perusahaan pembuat piranti lunak atau software keamanan di Belanda.

Iris Fontbona

Wanita terkaya nomor sembilan ini sudah berumur 72 tahun dan mempunyai total kekayaan USD 13,8 miliar. Harta kekayaannya tumbuh dari berbagai bisnis yang dimilik keluarganya seperti bisnis tembaga yang perusahaannya diberi nama Banco de Chile.

Iris juga menikahi pengusaha berdarah Kroasia – Chile yaitu Andronico Luksic. Dari pernikahan ini, kekayaan Iris juga makin bertambah hingga menembus USd 13,8 miliar. Suaminya mempunyai bisnis yang besar di bidang resort di Kroasia.

loading...

Bacaan Terkait: