Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2014

Kategori Dunia: International

Powered by: id.neuvoo.com

Daftar Orang Terkaya di Dunia Tahun 2014. Forbes kembali melansir daftar 50 orang terkaya di dunia. Siapa sajakah mereka? Apakah posisi teratas masih diduduki oleh wajah-wajah lama? Nah, berikut adalah orang-orang yang menempati posisi enam besar dalam daftar orang terkaya di dunia tahun 2014, berdasarkan hasil survei Forbes.

Bill Gates Orang Terkaya Nomor 1 di Dunia

Pria bernama lengkap William Henry “Bill” Gates III ini lahir pada 28 Oktober 1955. Bill dikenal sebagai seorang tokoh bisnis, filantropis, investor, programmer komputer, dan penemu dari Amerika. Pria yang pernah drop out dari Harvard University ini merupakan mantan CEO dan pemilik Microsoft, perusahaan software personal-komputer terbesar di dunia.

Perusahaan berskala internasional tersebut didirikannya bersama Paul Allen. Menurut Bloomberg Billionaires List, Bill kembali menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 2014, setelah posisi itu terakhir ditempatinya pada tahun 2007 lalu.

Selama berkarir di Microsoft, dia pernah menduduki posisi CEO dan kepala arsitek software, dan hingga kini tetap menjadi pemegang saham individu terbesar di perusahaan tersebut.

Jumlah kekayaan bersih: USD 76 miliar atau sekitar Rp 860 T
Sumber kekayaan: Microsoft

Carlos Slim Helu : Orang Terkaya Kedua di Dunia

Pria yang lahir pada 28 Januari 1940 ini merupakan seorang pengusaha, investor, dan dermawan asal Meksiko. Dari tahun 2010 sampai 2013, Carlos selalu menempati peringkat teratas sebagai orang terkaya di dunia, namun posisi itu telah kembali pada Bill Gates.

Kepemilikannya yang luas dalam sejumlah besar perusahaan Meksiko membuatnya menjadi seorang taipan yang disegani di dunia. Gurita bisnisnya telah menjangkau berbagai bidang, termasuk komunikasi, teknologi, ritel, dan keuangan. Carlos sendiri juga dikenal sebagai CEO dan pemilik perusahaan telekomunikasi Telmex dan America Movil.

Jumlah kekayaan bersih: USD 72 miliar atau sekitar Rp 814 T
Sumber kekayaan: telecom

Amancio Ortega: Orang Terkaya Ketiga di Dunia

Lahir pada 28 Maret 1936, Amancio Ortega dikenal sebagai seorang konglongmerat fashion dari Spanyol, yang mendirikan kelompok fesyen Inditex, yang terkenal karena rantai bisnisnya, yakni toko ritel aksesori dan pakaian Zara. Pada bulan Maret lalu, Forbes mengumumkan bahwa Ortega menduduki peringkat ketiga dalam daftar orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih sebesar USD 64 miliar atau sekitar Rp 724 T.

Sementara itu, Bloomberg Billionaires Index mencatat Ortega sebagai orang terkaya keempat di dunia, dengan aset kekayaan sebesar USD 57 miliar atau sekitar Rp 645 T. Kini, dia tinggal bersama istri keduanya di sebuah gedung apartemen di Galicia, Spanyol.

Jumlah kekayaan bersih: USD 64 miliar atau sekitar Rp 724 T
Sumber kekayaan: ritel

Warren Buffet Orang Terkaya Keempat

Pria bernama lengkap Warren Edward Buffett ini lahir pada 30 Agustus 1930. Buffett secara luas dianggap sebagai seorang investor paling sukses di abad ke-20. Dia adalah seorang tokoh bisnis, investor, dan dermawan terkemuka dari Amerika.

Buffett adalah pimpinan, CEO, dan sekaligus pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway. Maka tidak heran, jika dia secara konsisten selalu masuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Dia pernah menyandang gelar orang terkaya di dunia pada tahun 2008, dan orang terkaya ketiga di tahun 2011.

Jumlah kekayaan bersih: USD 58,2 miliar atau sekitar Rp 658 T
Sumber kekayaan: Berkshire Hathaway

Larry Ellison Orang Terkaya Kelima

Pria bernama lengkap Lawrence Joseph “Larry” Ellison ini pada lahir 17 Agustus 1944. Dia adalah seorang pengusaha terkemuka asal Amerika, yang dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Oracle Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak. Pada tahun 2014, Forbes mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya ketiga di Amerika dan sebagai orang terkaya kelima di dunia, dengan kekayaan bersih mencapai USD 48 miliar atau sekitar Rp Rp 543 T.

Larry lahir di New York City dari seorang ibu Yahudi yang tidak menikah. Ayahnya sendiri adalah seorang pilot Angkatan Udara Amerika. Setelah dia terkena pneumonia pada usia sembilan bulan, ibunya memberikan Larry kepada bibi dan pamannya untuk diadopsi. Dia tidak pernah bertemu ibu kandungnya lagi, sampai dia berusia 48 tahun.

Jumlah kekayaan bersih: USD 48 miliar atau sekitar Rp 543 T
Sumber kekayaan: Oracle

Charles Koch Orang Terkaya keenam di Dunia

Charles de Ganahl Koch lahir pada 1 November 1935. Dia adalah seorang pengusaha dan dermawan terkemuka dari Amerika. Charles dikenal luas sebagai pemilik, ketua dewan, dan CEO dari Koch Industries. Saudaranya, David H. Koch, juga memiliki 42 persen saham dari Koch Industries dan kini menjabat sebagai Executive Vice President.

Awalnya, perusahaan ini terlibat secara eksklusif dalam penyulingan minyak dan bahan kimia, namun sekarang Koch Industries telah melebarkan sayapnya dalam proses dan peralatan pengendalian polusi dan teknologi; polimer dan serat; mineral; pupuk; perdagangan dan jasa komoditas; hutan dan produk konsumen; dan peternakan.

Inilah enam orang yang menduduki posisi teratas dalam daftar orang terkaya di dunia. Pepatah lama mengatakan bahwa mempertahankan kesuksesan itu lebih sulit daripada meraih kesuksesan itu sendiri.

Jumlah kekayaan bersih: USD 40 miliar atau sekitar Rp 452 T
Sumber kekayaan: beragam

loading...

Bacaan Terkait: