Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Daftar Wanita Terkaya 2014 Versi Forbes

Kategori Dunia: Wanita

Powered by: id.neuvoo.com

Daftar Wanita Terkaya 2014 Versi Forbes. Dalam daftar orang-orang terkaya sejagat tahun 2014 versi Forbes, jumlah wanita dalam daftar tersebut mencapai rekor. Dari 1.645 miliarder, 172 di antaranya adalah wanita, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 138.

Di urutan teratas wanita terkaya di dunia, terdapat nama Christy Walton dengan jumlah kekayaan mencapai 36,7 miliar dollar AS (sekitar 433 triliun rupiah). Janda dari John Walton ini dalam lima tahun terakhir berada dalam urutan keempat.

Ia meningkatkan kekayaannya melalui kepemilikan saham di First Solar. Nilai sahamnya naik sekitar 50 persen tahun lalu.

Di urutan kedua wanita terkaya adalah Liliane Bettencourt dengan total kekayaan 34,5 miliar dollar AS. Pemilik raksasa kosmetik L’Oreal ini juga termasuk dalam orang terkaya di Perancis. Kekayaan wanita berusia 91 tahun ini naik berkat kenaikan saham perusahaannya.

Anggota keluarga Walton lainnya, Alice Walton, berada di urutan ketiga dengan nilai kekayaan 34,3 miliar dollar AS. Anak perempuan dari Sam Walton ini adalah saudara ipar dari Christy. Alice membuka museum seni dari Arkansas tahun 2011 yang menampilkan koleksi pribadinya.

Dari 268 pendatang baru yang tahun ini masuk daftar Forbes, terdapat 42 wanita. Namun, hanya 5 wanita yang membangun kekayaannya sendiri. Sisanya mewarisi kekayaan keluarga atau suami.

Lima wanita hebat tersebut antara lain Sheryl Sandberg (kekayaan 1,05 miliar dollar AS) yang memegang posisi COO di Facebook dan memiliki saham perusahaan sebesar 12 miliar dollar AS. Situs jejaring sosial paling terkenal ini nilai sahamnya mengalami kenaikan 130 persen dalam 12 bulan. Hal itu menjadikan Sheryl masuk dalam wanita termuda terkaya dari usahanya sendiri.

Wanita lain yang juga pendatang baru dengan kekayaan fantastis adalah Folorunsho Alakija (kekayaan 2,5 miliar dollar AS). Wanita terkaya pertama dari Nigeria ini adalah pemilik sebuah perusahaan minyak.

Wanita dengan kekayaan tinggi lainnya adalah Denise Coates dari Inggris dengan kekayaan 1,6 miliar dollar AS, pemilik saham terbesar dari sebuah situs judi online Bet365. Selanjutnya adalah Liu Ziaomeng (1 miliar dollar AS) yang memiliki saham di Suning Appliance Group, perusahaan peralatan rumah tangga terbesar di China, serta Wang Laichun (kekayaan 1 miliar dollar AS) direktur Shenzhen Luxshare Precision Industry.

Para pendatang baru yang kekayaannya berasal dari warisan antara lain Sandra Mera Ortega, anak miliarder Rosalia Mera. Mera dan suaminya kini menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Mereka adalah pemilik industri tekstil raksasa Inditex (lebih dikenal dengan merek Zara).

Wanita terkaya termuda adalah Perenna Kei (24) yang memiliki perusahaan properti terbesar di China Logan Properties. Kei adalah anak dari direktur Logan, Ji Haipeng.

loading...

Bacaan Terkait: