Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Efek Bila Wanita Berhenti Mengonsumsi Pil KB

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

Efek Buruk Bila Wanita Berhenti Mengonsumsi Pil KB. Minum Pil KB adalah salah satu cara untuk mengendalikan kehamilan sehingga jumlah anak bisa ditentukan oleh kedua orang tua.

Mengontrol kehamilan juga akan sangat membantu keluarga dari berbagai aspek, termasuk aspek ekonomi dan pendidikan itu sendiri.

Tetapi mengonsumsi pil KB ternyata juga memberikan efek samping tersendiri. Umumnya efeknya akan berbeda-beda, kabarnya rata-rata wanita yang mengonsumsi pil KB punya tubuh yang ukurannya lebih subur daripada wanita lainnya.

Ada kalanya juga, tubuh kurang cocok dan tak bisa menerima pil KB. Tanda ketidakcocokan tersebut juga bisa muncul melalui alergi yang terlihat pada tubuh. Atau ketika seseorang justru mengalami pendarahan yang berlebihan sebelum atau saat menstruasi.

Bagaimana bila ternyata berhenti mengonsumsi pil KB, apakah ada efeknya juga bagi tubuh?

Tentu saja ada. Dikutip dari livestrong.com, ada beberapa efek apabila Anda berhenti mengonsumsi pil KB.

Kehamilan
Resiko dan efek terbesar pertama yang bisa dialami saat berhenti mengonsumsi pil KB adalah kehamilan. Apalagi jika tidak memakai alat kontrasepsi lain, misalnya kondom, kehamilan sangat mungkin terjadi.

Untuk itu, saat seseorang berhenti mengonsumsi pil KB dan ingin berhubungan intim dengan suami, disarankan agar memakai kondom untuk mengontrol kehamilan.

Post Pill Amenorrhea

Post Pill Amenorrhea adalah kondisi di mana seorang wanita yang telah berhenti mengonsumsi pil KB tidak akan mendapatkan menstruasi selama 3-4 bulan lamanya. Kondisi ini cukup umum ditemui pada banyak wanita, dan bukan kondisi yang berbahaya.

Pil KB sendiri memang bertugas untuk mengatur kesuburan dan masa menstruasi wanita. Apabila ia tidak dikonsumsi, maka selama 3-4 bulan efeknya masih mungkin mempengaruhi wanita.

Namun, apabila setelah berhenti mengonsumsi pil KB, dalam 6 bulan Anda tidak segera mengalami menstruasi dan tidak hamil, maka Anda harus segera mengonsultasikan hal ini dengan dokter Anda.

Kapan harus berhenti mengonsumsi pil KB?
Anda boleh berhenti mengonsumsi pil KB saat tubuh dalam kondisi fit. Catatan yang perlu Anda ketahui, Anda akan mengalami pendarahan sebelum menstruasi apabila menghentikan konsumsi pil KB di tengah dosis paket pemakaian.

Bersiap juga untuk mengalami pemulihan produksi hormon selama 3-4 bulan, sehingga adalah hal yang normal apabila mendadak 3-4 bulan Anda tidak mengalami menstruasi.

loading...

Bacaan Terkait: