loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Fakta-fakta Mencengangkan Tenggelamnya Kapal Titanic

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Fakta-fakta Mencengangkan Tenggelamnya Kapal Titanic. Kapal Titanic mungkin masih menjadi salah satu kapal paling ikonik sepanjang sejarah dan juga merupakan salah satu kapal paling megah dan mewah pada masanya.

Dikutip dari Viral Thread (13/11/2015), hampir sebagian besar orang mengetahui tragedi naas yang menimpa kapal ini, saat menabrak gunung es ketika tengah berlayar pada tahun 1912.

Kisah ini pun diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, dimana film tersebut merajai puncak Box Office pada tahun 1991.

Lebih dari satu abad yang lalu, pada 15 April, R.M.S Titanic yang diklaim tak akan dapat tenggelam, dan merupakan kapal terbesar yang pernah berlayar, menghilang diantara arus air.

Meskipun tragedi tenggelamnya Titanic juga menjadi bagian dari cerita layar lebarnya, ada beberapa fakta mencengangkan dari tenggelamnya kapal Titanic, yang mungkin belum anda ketahui.

Nah, berikut adalah beberapa fakta-faka mencengangkan dari tenggelamnya kapal titanic

  1. Titanic awalnya dilengkapi dengan 64 perahu sekoci. Namun Titanic diketahui saat itu hanya membawa 20 kapal sekoci. Bahkan, hampir sebagian besar kapal sekoci tak terisi penuh.
  2. Salah seorang kepala juru masak, Charles Joughin, dilaporkan berenang selama dua jam di air yang sangat dingin, sebelum nyawanya akhirnya bisa diselamatkan. Ia mengatakan kalau ia bisa selamat akibat mengkonsumsi whiskey yang cukup banyak, sebelum Titanic tenggelam.
  3. Setelah menabrak gunung es, butuh waktu selama dua jam dan empat puluh menit sebelum akhirnya Titanic tenggelam ke dasar air.
  4. 13 pasangan kekasih dilaporkan tengah menjalani bulan madu, saat Titanic tenggelam.
  5. 14 tahun sebelum Titanic tenggelam, Morgan Robertson menulis sebuah novel berjudul ’Futility’. Novel ini bercerita mengenai sebuah kapal berukuran besar dan tak bisa tenggelam bernama Titan, yang menabrak gunung es dan tenggelam di perairan Atlantik Utara. Baik Titanic dan Titan (kapal fiksi dalam novel tersebut) tak memiliki kapal sekoci yang cukup untuk memuat ribuan penumpang yang ada di kapal tersebut.
  6. Sekelompok musisi bermain musik selama dua jam dan lima menit, saat kapal tersebut tenggelam.
  7. Pelatihan menggunakan kapal sekoci awalnya dijadwalkan untuk dilaksanakan di hari Titanic tenggelam, namun dibatalkan oleh Kapten Edward John Smith, karrena alasan yang masih belum diketahaui.
  8. 15 sekat pemisah yang ada di Titanic secara individul tahan air. Akibatnya, air dapat tumpah dari kompartemen satu menuju ke kompartemen yang lainnya. Berat dari air lah yang menarik kapal ini menuju dasar laut.
  9. Ada sebuah kisah cinta nyata yang terjadi di atas Titanic. Isidor Straus, co-owner dari Departemen Store Macy, dan istrinya, Ida, adalah salah satu penumpang kelas satu di kapal tersebut. Mereka telah menikah selama 41 tahun sebelum akhirnya saling berpelukan dan meninggal bersamaan dengan tenggelamnya titanik. Isidor menolak kursi yang berada di sebelah istrinya di sebuah kapal sekoci terakhir yang ada di Titanic. Ia menegaskan kalau semua wanita dan anak-anak harus naik terlebih dahulu. Namun, Ida pun turun dari sekoci tersebut; ia tak mau pergi tanpa suaminya. Saksi mata melaporkan melihat pasangan ini berjalan ke sisi belakang dari Titanic dimana mereka berdua saling berpegangan tangan satu sama lain saat ajal menjemput.
  10. Panjang Titanic adalah 882 kaki 9 inci… setara dengan ukuran 2,5 lapangan sepak bola.
  11. Fasilitas kelas satu di kapal tersebut meliputi Cafe Parisian, kebun teh, tempat fitness, perpustakaan, ruangan membaca dan menulis. Kemudian, ada pula lapangan squash, tempat potong rambut, kandang anjing, elevator, ruangan untuk merokok, kolam renang yang dipanaskan, dan masih banyak lagi.
  12. Sebuah jenis bakteri baru pemakan karat, Halomonas Titanicae, akan memakan apa yang tersisa dari Titanic dalam waktu 20 tahun.
  13. Seorang penumpang yang pernah menjalani masa trauma akibat api dan tenggelamnya kapal yang ia naiki pada 1871, memberanikan diri untuk melawan rasa takutnya dan menaiki Titanic pada 1912. Naas, ia juga ikut tewas bersama dengan tenggelamnya Titanic.
  14. Setelah menabrak gunung es, 60 menit berlalu sebelum sebuah sekoci akhirnya dilepaskan.
  15. Saat Titanic tenggelam, temperatur dari perairan hanya 28 derajat. 4 derajat lebih rendah dari titik beku.
  16. Sisa-sisa Titanic yang tenggelam sempat menghilang selama 23 tahun. Pada 1985, bangkai kapal ini ditemukan di kedalaman 12,500 meter, jauh di dasar perairan Newfoundland.
  17. Koran pertama yang merilis cerita mengenai Titanic melaporkan kalau tak ada korban jiwa akibat tragedi ini. Butuh waktu selama dua hari, sebelum akhirnya laporan yang lebih akurat di rilis ke publik.
  18. Turkis Bath, salah satu kamar mandi mewah di dalam Titanic awalnya ditujukan untuk penumpang kelas satu saja. Lebih dari 700 penumpang kelas tiga harus berbagi dua kamar mandi.
  19. Penumpang terkaya yang menaiki Titanic adalah John Jacob Astor IV. Kekayaannya mencapai $ 85 Juta, atau sekitar $2 Triliun dollar di masa sekarang. Astor juga ikut tewas dalam tragedi ini. Ia terakhir terlihat sedang merokok di sebuah dek di kapal tersebut dengan seorang jurnalis asal Amerika dan seorang penulis misteri, Jacques Futrelle.
  20. Lebih dari 1,500 penumpang tewas, bersamaan dengan tenggelamnya Titanic. Hanya 306 jasad penumpang yang berhasil ditemukan.

loading...

Bacaan Terkait: