Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Fakta-fakta Terkait Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines

Kategori Dunia: International

Fakta-fakta Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines HM370. Hilangnya pesawat penerbangan sipil Malaysia Airlines MH370 pada Sabtu, 8 Maret 2014 lalu, mengundang banyak spekulasi. Bahkan otoritas Malaysia menyebut kejadian ini sebagai “misteri hilangnya pesawat yang tidak diprediksi”. (Baca juga : Kisah-kisah Misterius Hilangnya Pesawat Sepanjang Masa)

Berikut ini fakta-fakta terkait hilangnya pesawat jenis Boeing 777-200 ER ini seperti dilansir Washington Post pada Senin, 10 Maret 2014.

1. Pesawat Malaysia Airlines HM 370 berangkat dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 00.41 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Ibu Kota Beijing, Cina, enam jam kemudian.

2. Pesawat jenis Boeing 777-200 ER ini memiliki kemampuan transporder. Mengirim sinyal lokasi dan idetifikasi tapi satu jam setelah take off sinyal melemah padahal ketinggian pesawat sudah 35.000 kaki dan dalam kondisi mapan.

3. Radar militer Malaysia menunjukan pesawat berbalik arah sebelum menghilang.

4. Tidak ada panggilan tanda darurat diterima bahkan tidak ada puing-puing. Ceceran minyak yang sempat ditemukan tidak terkait insiden ini.

5. Dua penumpang dengan paspor curian berada di dalam pesawat menuju Beijing, Amsterdam, dan ke kota-kota Eropa lainnya. Pihak berwenang Malaysia mengatakan dua penumpang ini tidak berwajah seperti orang Asia.

6. Lima penumpang tercatat terdaftar dalam penerbangan tersebut tapi mereka tidak jadi naik. Otoritas Malaysia menyebutkan barang-barang mereka telah diturunkan sebelum lepas landas.

7. Pintu kokpit sudah dikunci sebelum penerbangan.

Itulah beberapa Fakta terkait Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines yang sedang menjadi berita terhangat di seluruh penjuru dunia. Dan hingga hari keempat ini, Bangkai Malaysia Airlines Belum Ditemukan.

Dalam sebuah pernyataan, Selasa, 11 Maret 2014, perusahaan pengelola pesawat dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang sejak Sabtu, 8 Maret 2014, menyatakan lokasi pencarian diperluas hingga di luar jalur penerbangan. “Kami berfokus pada pencarian di kawasan sebelah barat Malaysia di Selat Malaka.”

Direktur Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa tim pencari akan melanjutkan pencarian di dua area, yakni darat dan laut.

Wakil Kepala Panglima Militer Vietnam dalam keterangannya kepada media menerangkan dia telah memerintahkan pencarian di darat terhadap pesawat yang melintasi perbatasan Laos dan Kamboja.

Keterangan tersebut menunjukkan betapa sulitnya pihak berwenang menemukan pesawat yang membawa 239 penumpang ketika hilang dari radar pemantauan pada Sabtu lalu ini.

Perluasan lokasi pencarian pesawat itu diputuskan setelah keluarga penumpang melaporkan mendengar suara ketika mereka mencoba menghubungi telepon seluler keluarga mereka itu. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa pesawat kemungkinan berada di darat.

loading...

Bacaan Terkait: