Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Fakta Menarik Gerhana Matahari Langka di 20 Maret 2015

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Fakta Menarik Gerhana Matahari Langka di 20 Maret 2015. Hari ini Bumi disuguhkan peristiwa gerhana matahari langka yang terjadi bertepatan dengan titik equinox matahari. Gerhana matahari total ini sendiri dilaporkan bakal terjadi mulai pukul 08.00 GMT dengan puncak gerhana total terjadi pukul 09.30 GMT dan berakhir pada pukul 11.00 GMT. (Baca juga: Mitos Populer Seputar Gerhana Matahari)

Penasaran fakta menarik terkait gerhana matahari yang terjadi hanya empat kali dalam satu abad ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Gerhana matahari 20 Maret terhalang awan

Ternyata tak hanya masyarakat Indonesia saja yang kecewa karena tak bisa melihat secara langsung peristiwa gerhana matahari total yang terjadi hari ini. Para penduduk di Inggris yang sebelumnya dilaporkan bisa melihat peristiwa alam langka ini secara langsung pun juga harus gigit jari.

Dilansir Independent (20/3), perkiraan cuaca di kawasan London dan sekitarnya dilaporkan sedang tak bersahabat. Pemandangan ke arah langit diprediksi akan tertutup awan yang cukup tebal.

Para ahli cuaca juga mengatakan jika di pekan ini, kawasan Inggris bakal dilewati suhu dingin yang bisa memicu terbentuknya awan yang menutupi pandangan di hampir seluruh wilayahnya.

Ahli meteorologi di negara tersebut sebelumnya juga telah mengkhawatirkan gangguan awan saat proses gerhana matahari terjadi. Berdasarkan lansiran tersebut, kekhawatiran ini terbukti benar hari ini dengan awan yang menutupi hampir seluruh wilayah London.

Terjadi bertepatan dengan supermoon

Gerhana matahari total ini juga terjadi bertepatan dengan peristiwa supermoon yang mana bulan akan berada berada lebih dekat dengan bumi. Supermoon ini akan tepat melewati titik edar matahari hari ini hingga bakal memunculkan peristiwa gerhana matahari total.

Hanya terjadi empat kali di abad ini

Gerhana matahari total yang bertepatan dengan titik equinox matahari ini juga disebut sebagai salah satu peristiwa astronomi langka.

Setelah 20 Maret mendatang, gerhana matahari equinox ini baru akan terjadi kembali pada 20 Maret 2034 mendatang. Selain itu, dalam satu abad ini peristiwa serupa akan terjadi di 2053 dan 2072 mendatang.

Bertepatan dengan titik equinox matahari

Peristiwa gerhana matahari total ini juga dilaporkan terjadi bertepatan dengan momen equinox matahari. Momen equinox matahari ini merupakan keadaan di mana matahari bakal berada tepat di titik ekuator sehingga waktu siang dan malam akan tepat sama 12 jam.

Hanya bisa dilihat di wilayah Inggris raya

Tergolong peristiwa alam langka, gerhana matahari total yang terjadi hari ini justru tak bisa dilihat banyak orang.

Gerhana matahari total ini hanya bisa diamati dari wilayah Atlantik Utara hingga laut Artik yang meliputi ujung selatan Greenland hingga Islandia serta Inggris. Masyarakat Indonesia pun menjadi salah satu yang tak akan bisa menyaksikan peristiwa gerhana matahari langka ini secara langsung.

loading...

Bacaan Terkait: