Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Faktor Fisik dan Psikis Penyebab Libido Turun

Kategori Dunia: PASUTRI

Faktor Fisik dan Psikis Penyebab Libido Turun. Libido yang turun bisa terjadi karena berbagai faktor, baik secara fisik maupun emosional. Dr Rajan Bhonsle, konsultan senior dalam pengobatan seksual berpendapat, “Pasangan seringkali mengeluhkan rendahnya gairah seksual pasangan maupun dirinya sendiri.

Alasannya bisa jadi karena konflik dengan pasangan, stres, depresi, lama tidak berhubungan seks, gangguan fisik atau hanya merasa tidak enak badan.”Ini beberapa penyebab lainnya yang bisa ‘menenggelamkan’ gairah seksual pria maupun wanita, seperti dikutip dari iDiva.

1. Kelelahan dan Kurang Tidur

Jika waktu tidur tak lebih dari enam jam, Anda cenderung rentan mengalami gairah seks rendah. Menurut sejumlah ahli gangguan tidur, kekurangan tidur yang ekstrem bisa menurunkan level testosteron. Hormon ini berperan besar dalam menentukan tinggi/rendahnya libido baik pada pria dan wanita, dan sering juga disebut sebagai hormon seks.

2. Mendengkur
Mendengkur tidak hanya mengganggu waktu tidur apsangan tapi juga menurunkan dorongan seksual. Orang yang mendengkur biasanya menderita sleep apnea, yaitu kondisi yang menyebabkan ritme pernapasan tidak normal dan terkadang berhenti sesaat saat tidur di malam hari. Tidak hanya mengurangi jam tidur, tapi juga membuat berat badan mudah naik dan memengaruhi kehidupan seksual. Segera konsultasikan pada dokter spesialis untuk mengatasinya.

3. Stres dan Depresi
Stres dan depresi adalah beberapa gejala rendahnya gairah seksual. Biasanya disebabkan oleh beratnya tekanan di dunia kerja, bertengkar dengan pasangan atau kualitas tidur yang tidak baik. Dalam jangka panjang, stres tidak hanya menurunkan (bahkan pada beberapa kasus bisa menghilangkan) libido, tapi juga meningkatkan risiko diabetes (karena saat stres orang cenderung ingin mengonsumsi gula) dan tekanan darah tinggi.

4. Kelebihan Berat Badan
Kelebihan berat badan juga bisa jadi faktor yang membuat libido turun. Sebab, sel-sel lemak mengubah keseimbangan hormon seks di tubuh Anda. Dr Rajan menambahkan, “Orang yang gemuk cenderung tidak percaya diri saat bersama pasangan di tempat tidur. Mulai dari menghadapi citra diri yang buruk sampai merasa lelah setiap saat. Dorongan seksual Anda akan menurun apabila berat badan bertambah.”

5. Gaya Hidup Tidak Sehat
Gaya hidup tak sehat seperti merokok atau minum minuman beralkohol juga bisa membuat libido turun. Sementara mereka yang menjalani gaya hidup sehat, baik jasmani maupun rohaninya juga akan sehat dan bisa mendapatkan kehidupan seks yang baik juga normal.

loading...

Bacaan Terkait: