Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Faktor Penyebab Penyakit Asma

Kategori Dunia: Penyakit

4 Faktor Penyebab Penyakit Asma. Asma adalah penyakit yang biasanya dikaitkan erat dengan sesak nafas. Memang, sesak nafas adalah gejala umum yang muncul ketika seseorang terkena asma.

Anda mungkin pernah melihat seseorang yang terkena asma atau Anda adalah penderita asma yang selalu memerlukan alat bantu seperti inhaler untuk menormalkan kembali sistem pernafasan Anda.

Umumnya, asma dikenal karena pengaruh lingkungan yang ekstrim seperti di pegunungan dengan udara yang sangat dingin. Atau juga karena lingkungan yang sangat berdebu kemudian menimbulkan alergi dan berujung pada asma. Tapi ternyata ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi Anda bisa terkena penyakit asma.

Faktor keturunan
Biasanya, ada juga penderita asma yang mendapatkan penyakit karena keturunan. Coba ingat-ingat, apakah ada riwayat orang tua atau saudara yang menderita asma. Jika iya, ada kemungkinan Anda juga rentan terkena asma. Ini juga akan berlaku jika Anda mempunyai riwayat penyakit asma yang nantinya membuat keturunan Anda juga berpotensi mengidap asma.

Faktor Lingkungan
Ini adalah faktor yang sering menjadi penyebab utama seseorang terkena penyakit asma. Lingkungan kotor yang berdebu, penuh dengan polusi dan asap sangat berpotensi menyebabkan seseorang terkena gangguan pernafasan. Jika Anda berada di dalam lingkungan yang seperti itu dalam waktu yang lama, peluang untuk terkena asma juga semakin besar.

Karenanya, jika Anda bekerja atau tinggal di lingkungan yang berpolusi tinggi, ada baiknya Anda mulai membiasakan hidup sehat dengan tidak merokok dan juga berolahraga pagi ketika udara masih segar dan bersih. Atur jadwal rutin untuk membersihkan rumah dari debu.

Faktor Makanan
Ternyata, makanan juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asma. Kesehatan saluran pernafasan juga bisa dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

Beberapa jenis makanan bisa menjadi penyebab munculnya penyakit asma. Mulai dari makanan dengan kadar MSG yang tinggi, makanan berbahan pengawet, kacang, cokelat hingga minuman soda yang super dingin. Ini mungkin berkaitan dengan tingkat allergen yang ditimbulkan.

Faktor Cuaca dan Suhu
Faktor yang terakhir ini bisa jadi sangat berdekatan dengan Anda yang selalu di ruangan dengan AC atau tinggal di area dengan suhu yang rendah. Tidak dipungkiri, berada di dalam mobil atau ruangan ber-AC memang sangat menyejukkan.

Namun jika kondisi ini dilakukan secara menerus dan menimbulkan alergi pada tubuh Anda, waspadalah karena bisa jadi ini lah penyebab munculnya asma. Jika Anda dituntut untuk berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama, luangkan sedikit waktu untuk sekedar menghirup udara bersih.

Berbagai faktor di atas sudah sepatutnya menjadi acuan agar kita bisa menghindar dari penyakit Asma. Namun, untuk Anda yang memiliki penyakit asma, faktor di atas bisa dijadikan sebagai langkah pencegahan dan lebih bijak untuk bertindak.

Pengobatan untuk asma memang sudah banyak dicetuskan walaupun hanya untuk penyembuhan sementara. Kunci paling penting untuk menghindar dari suatu penyakit adalah hidup sehat dan berolahraga.

Jika tubuh Anda sehat dan fit, penyakit juga akan enggan untuk masuk ke dalam tubuh karena imun yang kuat.

loading...

Bacaan Terkait: