loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Faktor yang Menyebabkan Cewek-cewek Sekarang Lebih Cepat Puber

Kategori Dunia: Wanita
Loading...

Faktor Penyebab Cewek Sekarang Lebih Cepat Puber. Dewasa ini, batas usia pubertas anak-anak perempuan semakin muda. Pasalnya, sebagian anak perempuan atau cewek-cewek abg zaman sekarang di usianya yang 11 tahun sudah mendapat menstruasi pertamanya, sementara payudara anak perempuan sekarang sudah mulai terlihat MONTOK di usia 8 tahunan.

Padahal, jika kita melihat di zaman dahulu sekitar tahun 80-an, anak perempuan baru mengalami menstruasi untuk pertama kalinya di usia 13 tahun. Dan payudara pun baru tumbuh sekitar usia 11-12 tahun. Tanya kenapa? Mengapa Anak Perempuan Sekarang Lebih Cepat Puber? dan apakah ini normal?

Untuk mengetahui normal atau tidaknya, berikut Dunia Baca dot Com sajikan untuk para pembaca semua Mengapa Anak Sekarang Lebih Cepat Puber di banding orang-orang dahulu.

Menurut Dr Rose Girgis, pediatric endocrinologist dari Stollery Children’s Hospital, Edmonton, jika anak perempuan Anda mulai memperlihatkan pertumbuhan payudara pada usia 9 tahun, ini masih termasuk kategori normal. “Sekitar 2 tahun setelahnya, biasanya ia akan mengalami menstruasi pertamanya,” imbuh Girgis lagi.

Studi yang dilakukan di Denmark pada tahun 2009 menunjukkan bahwa anak-anak perempuan di Eropa mengalami pubertas lebih dini daripada generasi sebelumnya. Menurut ahli, ada beberapa faktor yang menyebabkan anak perempuan sekarang lebih cepat puber.

Berikut adalah beberapa di antaranya, seperti yang Dunia Baca dot Com sadur dari laman female kompas.

  1. Stimulasi seksual dari media
    Sebagian peneliti menemukan, stimulasi seksual yang diperoleh oleh anak-anak melalui media seperti majalah, film, televisi, hingga klip video musik, dapat berpengaruh pada munculnya pubertas dini.

    Menurut ahli, paparan media tanpa filter seperti ini dapat memicu adanya rangsangan seksual yang bersinambungan, yang kemudian mendorong tubuh anak-anak untuk memberikan respons sebagai imbal baliknya.

  2. Tren obesitas yang makin marak
    Salah satu dampak dari berat badan berlebihan pada anak perempuan adalah munculnya pubertas sebelum waktunya. Hormon yang dilepaskan dari sel lemak yang terdapat dalam jumlah berlebihan di tubuh memainkan peran dalam memicu proses pendewasaan.
  3. Kecukupan nutrisi dan kesehatan
    Yang satu ini bisa dibilang berita baik bagi para orangtua. “Umumnya, seorang wanita butuh berat badan tertentu untuk bisa mengalami menstruasi.

    Anak-anak perempuan sekarang mendapat nutrisi yang lebih baik daripada anak seusianya pada beberapa dekade sebelumnya. Jadi, itu sebabnya anak sekarang dapat mengalami menstruasi lebih awal,” kata Dr Franziska Baltzer, Direktur Program Anak-anak dan Ginekologi dari Montreal Children’s Hospital.

  4. Paparan bahan-bahan kimiawi
    Menurut Dr Mark Palmert, Kepala Divisi Endokrinologi dari The Hospital for Sick Children, Toronto, paparan bahan kimiawi yang berasal dari lingkungan, makanan, hingga kosmetik, dapat berpengaruh terhadap munculnya pubertas dini.

    “Riset yang dilakukan memperlihatkan bahwa bahan-bahan kimiawi ini masuk ke dalam tubuh melalui aliran estrogen, sehingga dapat memicu pertumbuhan payudara pada usia dini dan sinyal-sinyal pubertas lainnya pada anak perempuan,” demikian jelas Palmert.

Bagaimana menurut Anda, apakah cewek-cewek zaman sekarang yang lebih cepat puber merupakan hal yang normal? Tentu Anda tahu jawabannya dengan menyimak ulasan tersebut diatas.

Semoga apa yang Dunia Baca dot Com sajikan dapat bermanfaat, dan apabila Anda menyukai artikel-artikel kami, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook untuk mendapatkan bacaan terbaru.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: