Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Festival Telanjang di Jepang “Hadaka Matsuri”

Kategori Dunia: International
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Hadaka Matsuri “Festival Telanjang di Jepang”. Jepang memiliki beragam festival yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Hadaka Matsuri atau biasa disebut Naked Festival.

Meski dijuluki sebagai Festival Telanjang, mereka yang ikut meramaikan festival ini tidak benar-benar datang dalam keadaan bugil.

Peserta festival ini masih menggunakan cawat yang dalam bahasa Jepang disebut fundoshi dan beberapa terkadang masih mengenakan mantel pendek. Festival yang diadakan di seluruh Jepang setiap tahun ini biasanya digelar pada musim panas atau dingin.

[neuvoo_jobroll]

Hadaka Matsuri yang paling terkenal di Jepang dinamakan Saidai-ji Eyo Hadaka Matsuri, yang biasa diadakan di Kuil Saidaiji di Okayama – yang merupakan asal dari festival ini. Seperti dilansir Wikipedia, setiap tahun ada lebih dari 9.000 orang yang mengikuti festival ini. Dengan mengikuti festival ini, mereka pun berharap mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun.

Asal-muasal dari festival ini berasal dari 500 tahun lalu, ketika semua orang berkompetisi untuk memperebutkan jimat kertas – yang disebut Go-o – yang dilemparkan oleh pendeta.

Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, dikutip dari jnto.go.jp, hal-hal baik akan terjadi pada siapa pun yang berhasil mendapatkan jimat kertas tersebut. Kemudian jumlah orang yang meminta jimat itu meningkat dari tahun ke tahun. Namun, karena kertas mudah robek, jimat itu lalu diubah menjadi papan kayu.

Sambil berteriak “Wasshoi! Wasshoi!”, para pria yang mengikuti festival ini mulai memadati kawasan kuil. Walaupun festival ini diadakan pada musim dingin, semangat dari para peserta tidak pernah surut, melainkan malah semakin berapi-api.

loading...

Bacaan Terkait: