loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Hal Yang Berisiko Meninggal Ketika Sedang Tidur

Kategori Dunia: Kesehatan
Loading...

Meninggal Ketika Sedang Tidur. Sering kita jumpai, orang yang mendadak meninggal meskipun sebelumnya ia terlihat sehat-sehat saja. Banyak orang yang bilang, jika seseorang meninggal secara mendadak ketika sedang tidur, katanya ia terkena penyakit angin duduk, mungkin memang ada benarnya.

Namun selain itu, seseorang yang meninggal ketika sedang tidur juga dapat disebabkan karena obesitas atau berat badan yang berlebihan (Baca : Tips Menurunkan Berat Badan).

Seperti yang dilansir Daily Mail, Obesitas Dapat Perbesar Risiko Berhenti Bernafas Saat Tidur. Tak sedikit orang yang percaya pemilik berat badan berlebih atau obesitas kerap dihinggapi banyak penyakit.

Dan ternyata anggapan itu ada benarnya. Pasalnya, obesitas ternyata bisa meningkatkan risiko Obstrutuktive Sleep Apnea (OSA) bagi pada penderitanya. OSA sendiri adalah sebuah penyakit dimana terdapat potensi pernapasan berhenti selama tidur (sleep apnea).

Pakar Kesehatan Tidur, Rimawati Tedjasukmana, Sp.S, RPSGT mengatakan, dalam tubuh penderita obesitas terdapat timbunan lemak di sekitar leher dan rongga pernafasan. Ketika tidur timbunan lemak itu mendorong otot-otot yang memperbesar obstruksi jaringan di jalan nafas. Akibatnya frekuensi berhentinya nafas saat tidur semakin besar.

“Dalam kasus berat badan, penderita OSA banyak berasal dari kalangan barat. Mereka itukan beratnya bisa mencapai ratusan kilogram,” kata dia saat berbicara dalam acara Workshop ‘Bahaya Dibalik Mendengkur’ di Jakarta.

Karena itu, kata Rima, perlunya menjaga berat badan guna menghindari resiko ini. Belum lagi, penyakit lain yang tengah menunggu seperti misal diabetes, jantung, dan lainnya.

Mengingat kematian seseorang tidak ada yang tahu, maka hendaklah kita untuk selalu panjatkan doa sehari-hari, baik saat bekerja dan maupun doa sebelum dan sesudah tidur. Agar supaya, jika Tuhan berkehendak mengambil nyawa kita, setidaknya kita sudah berdoa dan selalu mengingat-Nya.

Semoga bermanfaat. Dan untuk mendapatkan bacaan terbaru dari kami, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook dan/atau kunjungi langsung Dunia Baca dot Com

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: