Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Kategori Dunia: Kesehatan

Powered by: id.neuvoo.com

6 Kebiasaan Buruk yang Bermanfaat untuk Kesehatan. Kebiasaan buruk seharusnya harus kita hilangkan secepat mungkin. Akan tetapi, percara atau tidak, ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang justru bermanfaat bagi kesehatan.

Lantas, seperti apakah kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat bermanfaat bagi kesehatan? Berikut ulasannya, seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Merdeka.

#6. Meludah
Meludah mungkin kebiasaan buruk yang tak boleh dilakukan di sembarang tempat, apalagi di tempat umum. Namun sebenarnya meludah bisa membantu Anda bernapas lebih baik. Ketika berolahraga tubuh memproduksi lebih banyak air liur.

Hal ini karena jika biasanya bernapas cukup melalui hidung, ketika berolahraga kita cenderung bernapas melalui mulut juga. Untuk itu, tubuh melindungi diri dari udara dengan memproduksi lebih banyak air liur.

Ternyata, beberapa kebiasaan buruk di atas memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, mungkin jika di depan umum ada baiknya untuk tidak melakukannya terlalu sering. Terutama untuk meludah, karena meludah juga bisa menjadi perantara penularan penyakit.

#5. Makan di tempat tidur
Ini adalah kebiasaan yang pasti akan dilarang oleh semua orang tua. makan di tempat tidur bisa membuat kasur menjadi kotor. Namun sebenarnya makan di tempat tidur bisa membuat lambung lebih rileks dan membantu pencernaan lebih lancar.

Tentu saja, ketika makan di tempat tidur, Anda harus duduk dengan tegal, sehingga postur tubuh tidak menekan lambung dan menghambat pencernaan. Meksi begitu, tetap saja makan di meja makan merupakan pilihan yang lebih baik. Jika terpaksa, Anda bisa makan di tempat tidur.

#4. Menggeretakkan jari
Suara gemeletuk jari ketika digeretakkan mungkin mengganggu banyak orang. Banyak yang menyarankan agar ini tak dilakukan karena bisa melukai atau bahkan melemahkan otot dan tulang pada tangan. Namun sebenarnya hal tersebut tidak benar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan kebiasaan menggeretakkan tangan selama lima tahun memiliki sendi dan tulang yang sama sehatnya dengan orang yang tak memiliki kebiasaan tersebut. Menggeretakkan tangan juga bisa membuat persendian semakin fleksibel.

#3. Kentut
Sama seperti bersendawa, kentut sebenarnya juga penting dilakukan. Tubuh manusia harus mengeluarkan kotoran dalam tubuhnya. Tak hanya berbentuk padat tetapi juga berupa gas. Jika Anda makan pada jam tujuh malam, pada pukul dua pagi Anda pasti sudah merasakan perut penuh dengan gas. Ini berarti tubuh harus segera mengeluarkan gas untuk melancarkan pencernaan. Jika ditahan, kemungkinan besar Anda akan merasakan rasa sakit dan kembung.

#2. Bersendawa
Bersendawa dengan keras, yang dinilai tak sopan oleh orang tua, sebenarnya bisa melindungi tubuh dari gas asam lambung. gas yang keluar saat seseorang bersendawa tak hanya berisi angin atau udara yang dihirup melainkan juga berisi karbon dioksida dan substansi dari dalam lambung.

Menahan sendawa justru bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti sariawan lambung atau peradangan. Hal ini karena bakteri dalam perut terkadang juga bisa mengeluarkan hidrogen yang menyebabkan peradangan.

#1. Menggigit kuku tangan
Menggigiti kuku adalah kebiasaan buruk yang ingin ditinggalkan oleh banyak orang. Padahal sebenarnya menggigit kuku bisa memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Dr Hilary Longhurts dari Bart’s NHS Trust menjelaskan bahwa kebiasaan menggigit kuku bisa meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh.

“Kecuali tangan Anda sangat kotor, bakteri yang mengenai tubuh Anda ketika menggigit kuku akan memperkuat sistem kekebalan tubuh,” ungkap Longhurst.

Hal ini karena sistem kekebalan tubuh memiliki memori yang bisa mengingat jenis bakteri apa yang pernah ditaklukkannya. Ketika menghadapi bakteri, sistem kekebalan tubuh akan menggali ingatannya, yang disebut memori lymphocytes, dan melepaskan senjata yang sesuai untuk menaklukkan bakteri tersebut.

loading...

Bacaan Terkait: