Inilah Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja | Dunia Baca dot Com

You are here:

Inilah Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja

Capai Sukses

9 Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja. Membuat surat lamaran kerjamemang gampang-gampang susah. Jika kita tidak teliti dan berhati-hati, maka sangat mudah untuk merusak etika penulisan surat lamaran kerja.

Kesalahan yang ada di dalam surat lamaran bisa membuat kita kehilangan pekerjaan impian. Lantas, kesalahan apa saja yang harus dihindari ketika menulis surat lamaran kerja?

Sebagaimana Dunia Baca dot Com kutip dari laman Tempo, sedikitnya ada 9 kesalahan umum yang biasa terjadi saat Anda menulis surat lamaran. Apasajah kesalahan tersebut, silakan langsung saja Anda simak kutipannya berikut ini :

Pesan Sponsor
  1. Gagal Untuk Meyakinkan Perusahaan
    Jelaskan apa yang bisa Anda lakukan untuk perusahaan dan bukan sebaliknya. SUrat lamaran kadang berisi pernyataan atau pengakuan atas kemampuan dari si pelamar dan gagal untuk menghubungkan keahlian mereka dengan yang diinginkan perusahaan.

    Surat lamaran harusnya berisi segala sesuatu yang tidak ada dalam resume dan merupakan tempat untuk menggaris bawahi beberapa pencapaian yang relevan. Jika surat lamaran Anda tidak mampu menjelaskan hal itu, ini merupakan tanda kalau Anda tidak cukup baik untuk posisi itu.

  2. Lupa Untuk Memasukkan Informasi Kontak
    Informasi kontak merupakan salah satu detil yang harus ada di resume dan surat lamaran. Jika salah satunya hilang, maka perusahaan tetap bisa tahu kemana dia akan menghubungi Anda.
  3. Memulai dengan Intro Basa Basi
    Pelajar lulusan baru kadang membuat kesalahan dengan menyebutkan titel terbaru mereka di baris pertama surat lamaran. Dengan melakukan ini, Anda menduga kalau latar pendidikan Anda merupakan hal terbaik yang bisa ditawarkan. Semua pelamar, baru lulus atau tidak, harus memperhatikan kalimat awal yang bisa menarik perhatian.
  4. Menghilangkan Nama Perusahaan
    Hindari menunjukan surat lamaran Anda hanya dengan kalimat,”Kepada Yang Terhormat”. Itu kalimat biasa dan hanya menunjukkan kalau Anda tidak berusaha untuk menemukan nama yang benar dari perusahaan. Kadang perlu juga untuk menelpon perusahaan yang dituju atau mencarinya lewat internet.
  5. Terlalu Panjang atau Pendek
    Batasi diri Anda dengan maksimum 4 paragraf. Gunakan paragraf pertama untuk memperkenalkan diri Anda dan posisi yang Anda lamar, lalu sebutkan keahlian yang sesuai dengan lamaran itu dan pencapaian spesifik dengan menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan itu.

    Penjabaran lebih jauh yang sesuai jika resume Anda tidak bisa menjabarkannya, seperti misalnya kenapa Anda ingin merubah karir. Akhiri surat lamaran dengan sopan dan biarkan mereka tahu kalau Anda bisa dihubungi.

  6. Mengirimkan Surat Lamaran
    Salah satu tanda kalau pelamar tidak memperbarui surat lamaran adalah saat nama perusahaan yang ditulis itu salah. Serius, kesalahan seperti ini sering terjadi. Hindari kesalahan memalukan dengan meluangkan waktu memperbarui setiap surat lamaran agar sesuai dengan setiap posisi yang Anda lamar.
  7. Memasukkan Detil pribadi
    Surat lamaran Anda bukan tempat untuk menuliskan detil umur, status atau agama Anda kecuali detil-detil seperti ini relevan dengan posisi Anda.
  8. Bermain-main
    Tujuan Anda adalah untuk membuat surat lamaran yang menjelaskan profesinalisme Anda. Tujuannya adalah untuk membuat perusahaan menelpon Anda untuk wawancara, dan mereka tidak akan repor-repot menelpon orang yang terlalu kaku. Bersamaan dengan itu, surat lamaran yang terlalu santai hanya menunjukkan kalau Anda tidak serius dengan pekerjaan ini.
  9. Memasukkan Surat Yang Kacau
    Anda akan lebih baik tidak mengirim surat lamaran yang penuh dengan kesalahan penulisan dan gramatikal. Tapi banyak orang yang tidak cukup sabar untuk membaca ulang hasil kerja mereka dan mengirim surat lamaran yang masih berantakan. Perusahaan akan mengenali ini sebagai kecerobohan dan akan melewatkan Anda untuk orang lain yang lebih siap.

Pembaca, Itulah kesalahan-kesalahan umum yang kerap terjadi ketika kita menulis surat lamaran. Untuk itu, hendaklah kita berhati-hati dalam membuat dan/atau menulis surat lamaran kerja.

Sebagai bahan refernsi Anda dalam membuat surat lamaran, silakan Anda baca dan pelajari Contoh Surat Lamaran Kerja. Semoga bermanfaat.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Inilah Kesalahan dalam Menulis Surat Lamaran Kerja”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Dec
18
2012
 

Kategori Bacaan