Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Makanan yang Baik dan yang Buruk untuk Pencernaan

Kategori Dunia: Kesehatan, Obat-obatan

Powered by: id.neuvoo.com

Makanan yang Baik dan yang Buruk untuk Pencernaan. Agar tidak terjadi masalah dalam sistem pencernaan, Anda perlu bersikap selektif dalam memilih makanan.

Pasalnya, jenis makanan-makanan tertentu dapat bersifat baik dan buruk terhadap kesehatan pencernaan Anda. Untuk itu, selalu waspada dan teliti dalam memilih jenis makanan.

Dan untuk lebih memudahkan Anda, berikut ini Dunia Baca dot Com paparkan beberapa jenis makanan yang baik untuk pencernaan dan sekaligus mengenal jenis makanan-makanan yang justru buruk untuk pencernaan Anda. Silakan Anda simak baik-baik berikut ini :

5 Jenis Makanan yang Baik Untuk Pencernaan

  1. Yogurt
    Dalam usus seseorang terdapat triliunan bakteri yang membantu mencerna makanan. Yogurt mengandung beberapa jenis bakteri sehat yang baik untuk pencernaan Anda.
  2. Kimchi
    Kimchi adalah makanan favorit di Korea yang terbuat dari kubis, lobak, bawang serta rempah-rempah. Bahan utamanya adalah kubis, yang mempromosikan pertumbuhan bakteri sehat dalam usus besar. Kubis juga mengandung jenis serat yang tidak perlu dicerna, sehingga hal ini dapat membantu menghilangkan limbah dan menjaga buang air besar tetap teratur.
  3. Biji-bijian
    Biji-bijian, seperti yang terkandung dalam roti gandum, gandum, dan beras merah, merupakan sumber serat yang baik yang membantu memperlancar pencernaan. Serat juga dapat membantu Anda merasa kenyang dan menurunkan kadar kolesterol.
  4. Pisang
    Pisang membantu memulihkan fungsi usus kembali normal, terutama setelah Anda menderita diare. Pisang juga mengembalikan elektrolit dan kalium yang mungkin hilang karena diare. Buah ini juga memiliki banyak serat untuk membantu pencernaan.
  5. Jahe
    Rempah-rempah ini telah digunakan selama ribuan tahun sebagai cara yang aman untuk meredakan mual, muntah, mabuk perjalanan, buang-buang gas dan kehilangan nafsu makan. Tetapi jangan mengkonsumsi jahe secara berlebihan, karena konsumsi jahe 2 sampai 4 gram per hari menunjukkan efek sebaliknya yaitu perut mulas.

7 Makanan Buruk untuk Pencernaan

  1. Makanan berlemak dan gorengan
    Kedua makanan ini dapat menyebabkan refluks asam dan membuat perut mulas. Makanan yang mengandung lemak dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan tinja berwarna pucat (steatorrhea). Orang yang memiliki sindrom iritasi usus harus menghindari makanan tinggi lemak, termasuk mentega dan krim karena dapat menyebabkan masalah pencernaan.
  2. Cabai
    Masakan pedas karena terlau banyak cabai dapat mengiritasi kerongkongan dan menyebabkan rasa mulas di perut. Orang yang menderita sindrom iritasi usus besar atau memiliki maag kronis, disarankan untuk tidak makan makanan yang terlalu pedas.
  3. Susu
    Susu baik dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan kalsium dalam tubuh Anda. Tapi bagi orang yang tidak toleran terhadap laktosa, susu dapat menyebabkan diare, buang-buang gas, perut kembung dan kram.

    Penyakit usus, penyakit Crohn dan kemoterapi dapat merusak usus dan menyebabkan seseorang intoleran terhadap laktosa. Orang dengan masalah tersebut tidak memiliki enzim laktase yang cukup dalam tubuhnya, sehingga tidak mampu memecah laktosa pada susu.

  4. Alkohol
    Alkohol dapat membuat kerongkongan menjadi lemas dan menyebabkan refluks asam atau mulas. Minum alkohol juga dapat merusak enzim pencernaan tertentu dan mencegah terserapnya nutrisi makanan yang Anda makan. Terlalu banyak alkohol juga dapat menyebabkan diare dan kram perut.
  5. Coklat
    Sebuah studi pada tahun 2005 menunjukkan bahwa coklat tidak baik dikonsumsi oleh orang dengan sindrom iritasi usus besar atau sembelit yang kronis. Coklat juga mengandung kafein, yang pada ebberapa orang dapat merangsang kram, kembung dan diare.
  6. Kopi, teh, dan minuman ringan
    Kopi, teh, dan minuman bersoda bertindak sebagai diuretik, yang dapat menyebabkan diare dan kram. Minuman berkafein dapat menyebabkan masalah pada pencernaan terutama untuk orang dengan penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Jika Anda memiliki GERD atau rasa panas dalam perut, Anda harus menghindari minum teh rasa mint.
  7. Jagung
    Serat jagung baik untuk Anda, tetapi jagung juga mengandung selulosa, jenis serat tidak dapat diurai dengan mudah. Karena tidak tercerna dengan baik, jagung dapat menyebabkan sakit perut dan timbulnya gas di perut.

Pembaca, itulah beberapa jenis makanan yang baik dan buruk untuk pencernaan yang patut Anda ketahui. Dengan demikian, Anda sekarang harus lebih jeli dalam mengkonsumsi makanan demi kesehatan pencernaan.

Jika Anda menyukai artikel-artikel Dunia Baca dot Com dan ingin selalu mendapatkan update terbaru, silakan gabung bersama kami di Twitter dan Facebook. Dengan begitu, setiap ada bacaan terbaru, langsung terkirim ke media sosial tersebut.

loading...

Bacaan Terkait: