Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Manfaat Sehat Air Tebu untuk Ibu Hamil

Kategori Dunia: Kehamilan, Obat-obatan

7 Manfaat Sehat Air Tebu untuk Ibu Hamil. Air tebu adalah salah satu minuman yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain terasa segar dan manis, tak banyak yang mengetahui bahwa air tebu mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Meski begitu, terdapat kontroversi apakah air tebu aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berdasarkan pendapat para ahli, mengonsumsi air tebu aman bagi ibu hamil selama sang ibu tidak memiliki gejala atau penyakit diabetes. Air tebu mengandung banyak nutrisi dan mineral seperti vitamin A, C, B1, B2, B3, B5, dan B6 yang baik untuk calon bayi.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan air tebu untuk ibu hamil, seperti dilansir dari laman Merdeka.

--

Energi instan

Air tebu diketahui bisa memberikan energi instan untuk ibu hamil. Air tebu juga membantu ibu untuk memenuhi cairan tubuh dan meredakan rasa haus. Ibu hamil tentunya membutuhkan banyak asupan energi agar tetap bugar dan sehat dalam menjalankan aktivitas.

Indeks glikemik rendah

Indeks glikemik atau glycemic index adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula pada makanan. Air tebu memang mengandung kadar gula yang tinggi, namun sebenarnya juga tak terlalu berbahaya untuk pasien diabetes karena gula alaminya memiliki indeks glikemik yang rendah. Ini akan mencegah kenaikan tingkat glukosa dalam darah jika dikonsumsi secukupnya.

Kaya protein

Air tebu diketahui mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Protein tentunya penting untuk tubuh ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Salah satu cara yang bisa dilakukan wanita untuk mendapatkan asupan protein yang cukup adalah dengan mengonsumsi air tebu.

Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih (UTI) biasa membantu mengurangi sensasi terbakar yang sering dirasakan oleh pasien infeksi saluran kemih. Karena wanita hamil rentan terkena infeksi saluran kemih, maka minuman ini bisa membantu untuk meredakan atau bahkan menangkalnya. Air tebu juga bisa dicampur dengan jus lemon dan air kelapa.

Menguatkan kekebalan tubuh

Air tebu kaya antioksidan yang bisa membantu menangkal infeksi. Di waktu yang sama, air tebu juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini adalah manfaat penting mengapa wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air tebu.

Melancarkan pencernaan

Air tebu juga bermanfaat untuk pencernaan. Hal ini karena ir tebu mengandung potassium yang sangat baik untuk mengatasi konstipasi. Wanita hamil seringkali mengalami masalah pencernaan dan konstipasi sehingga akan sangat bermanfaat untuk meminum air tebu.

Kaya antioksidan

Antioksidan dalam air tebu tak hanya baik untuk mencegah infeksi, melainkan juga untuk menangkal peradangan dan alergi pada ibu hamil. Antioksidan yang terdapat dalam air tebu adalah flavonoid dan phenolic. Adanya antioksidan ini membuat air tebu sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat dari air tebu, tak hanya untuk ibu hamil tapi juga kebanyakan orang. Meski begitu, setiap ibu hamil biasanya memiliki keadaan tubuh dan kondisi kesehatan yang berbeda-beda.

Jika ibu hamil memiliki kecenderungan terkena penyakit gula atau diabetes, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi air tebu.

loading...

Bacaan Terkait: