Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Mitos yang Salah tentang Penyakit HIV

Kategori Dunia: Penyakit

Powered by: id.neuvoo.com

7 Fakta Penyakit HIV – Mitos tentang HIV . Human Immunodeficiency Virus atau HIV adalah penyakit yang mematikan. Seringkali, masyarakat salah mendapatkan informasi tentang penyakit yang satu ini. Untuk itulah, banyak orang yang mengidap HIV karena ketidaktahuannya.

Perdebatan tentang HIV ini tidak terjadi sekali dua kali saja. Hingga saat ini, mereka yang terinfeksi HIV bagaikan orang-orang yang terkucil dan harus hidup hanya menanti ajal. Padahal, mereka punya hak hidup yang sama seperti orang lain pada umumnya.

Beberapa informasi berikut ini hanyalah mitos yang tersebar di masyarakat. Agar terhindar dari HIV mari kita ketahui informasi yang benar.

Mitos 1: Berinteraksi dengan mereka yang terjangkit HIV bisa membuat seseorang terinfeksi HIV juga.
Mitos tersebut tentu saja salah. Penelitian membuktikan bahwa HIV tidak dapat ditularkan hanya melalui sentuhan fisik, keringat, air liur atau air mata. Berinteraksi dengan mereka yang terjangkit HIV tidak berbahaya sama sekali. Justru akan membuat mereka lebih percaya diri dan punya semangat hidup.

Mitos 2: Kondom itu penting
Bagaimanapun pemakaian kondom itu penting sebagai alat safe sex sekalipun kedua orang telah terjangkit HIV. Kondom dapat membantu mencegah penularan penyakit lain melalui seks.

Mitos 3: Penderita HIV tidak punya harapan hidup
Sejak kapan mereka yang menderita sebuah penyakit mendadak tak punya harapan hidup? Mereka yang menderita HIV masih punya harapan hidup dan berhak menjalani hidup seperti orang lain.

Mitos 4: Harus tetap menjaga kesehatan
HIV adalah virus, yang bekerja tak ada hentinya. Agar tubuh tetap sehat, tidak cukup hanya mengonsumsi obat-obatan saja. Penderita HIV haruslah tetap menjaga kesehatan dengan mengontrol makan dan olahraga teratur. Menjaga kesehatan akan membuat usia hidupnya lebih panjang karena tidak membiarkan virus menggerogoti hidupnya.

Mitos 5: HIV menular lewat nyamuk
Kenyataannya, HIV tidak menular lewat gigitan nyamuk. Banyak penelitian membuktikan, seperti dilansir oleh Boldsky bahwa pernyataan ini hanyalah mitos.

Mitos 6: Pasangan yang setia tidak mungkin terjangkit HIV
Siapapun punya potensi terjangkit HIV, sekalipun ia tidak pernah berganti-ganti pasangan. Seseorang bisa saja terjangkit HIV tanpa menunjukkan gejala-gejala sebelumnya.

Mitos 7: HIV tidak menular lewat oral sex
Apabila pasangan Anda menderita HIv, dan Anda tidak, maka hubungan seks tetap disarankan menggunakan kondom. Oral sex sekalipun berpotensi menularkan HIV pada Anda.

Dengan mengetahui informasi yang benar, HIV dapat dicegah penyebarannya. Mari sebarkan informasi ini untuk menyelamatkan setiap jiwa agar terhindar dari HIV.

loading...

Bacaan Terkait: