Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Nutrisi Wajib bagi Wanita yang Hamil Kembar

Kategori Dunia: Kehamilan

Powered by: id.neuvoo.com

4 Nutrisi untuk Ibu Hamil Kembar. Bayi kembar sering memiliki berat lahir yang rendah karena harus berbagi nutrisi dengan saudaranya selama di dalam kandungan. Untuk mencegah hal tersebut, wanita yang hamil kembar harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang umumnya berbeda dengan kehamilan tidak kembar (Baca: Tips Agar Hamil Bayi Kembar).

Kehamilan kembar menyebabkan pembagian ruang yang tidak proporsional di perut. Hal ini menyebabkan terlalu sedikitnya ruang untuk ekspansi perut, sehingga menimbulkan kelesuan usus karena ruang geraknya terlalu sempit yang membuat Anda rentan terhadap sembelit dan nafsu makan berkurang.

Makanlah sejumlah kecil makanan beberapa kali sehari pada trimester ketiga kehamilan. Hindari makan makanan berkalori yang tidak bergizi seperti permen.

Untuk memastikan agar bayi kembar lahir dengan berat yang proporsional, ibu hamil harus memperhatikan pemenuhan gizinya, seperti Dunia Baca dot Com sadur dari detikcom antara lain sebagai berikut:

  1. Memenuhi kebutuhan kalori
    Ibu hamil kembar harus mendapatkan kalori yang cukup agar bayinya tumbuh dengan ukuran yang optimal. Anda dapat mencegah berat lahir bayi kembar yang rendah dengan mengonsumsi kalori tambahan sejak trimester kedua dan terus berlanjut sampai trimester ketiga kehamilan (Baca: 3 Periode Kehamilan: Trimester Pertama, Kedua dan Ketiga)

    Rekomendasi asupan kalori bervariasi, tetapi beberapa ahli menyarankan untuk mengonsumsi 600 kalori tambahan per hari di samping asupan normal. Beberapa ahli yang lain merekomendasikan jumlah kalori yang lebih tinggi yaitu 3.000 sampai 3.500 kalori per hari jika berat badan Anda normal sebelum hamil, sedangkan wanita gemuk harus makan antara 2.700 sampai 3.000 kalori per hari (Baca: Tips Pola Makan BUMIL Gemuk).

  2. Menambah asupan protein
    Ibu hamil biasanya membutuhkan sekitar 60 gram protein per hari, tetapi jika Anda sedang mengandung bayi kembar, Anda perlu meningkatkan asupan protein untuk mendukung pertumbuhan bayi Anda. Para ahli merekomendasikan untuk memenuhi 100 hingga 175 gram protein sehari dalam tiga bulan terakhir kehamilan kembar.

    Untuk memenuhi kebutuhan asupan protein tersebut, makan 7 atau 8 ons makanan tinggi protein, seperti daging, unggas, atau ikan, ditambah 4 sampai 6 porsi susu atau keju setiap hari.

  3. Memperbanyak asupan kalsium
    Minumlah susu selama hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium, yang membantu membangun tulang dan gigi bayi yang kuat. Para ahli merekomendasikan bahwa wanita hamil kembar harus mendapatkan 2.500 miligram kalsium per hari di trimester ketiga kehamilan, dua kali lipat dari dosis kalsium yang dianjurkan untuk wanita yang tidak hamil (Baca: Tips Bercinta agar tidak Hamil).

    Tanyakan kepada dokter tentang rekomendasi dosis kalsium yang Anda perlukan. Penuhi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi susu dan sayuran berdaun hijau yang kaya akan kandungan kalsium.

  4. Meningkatkan asupan zat besi
    Volume darah Anda mungkin akan meningkat hingga 2 kali lipat ketika hamil kembar. Anda harus meningkatkan asupan zat besi agar tidak mengalami anemia karena kurangnya sel-sel darah merah yang telah diencerkan oleh peningkatan volume darah.

    Makanan kaya zat besi termasuk daging, unggas, ikan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Anda juga perlu makan makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk untuk membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

loading...

Bacaan Terkait: