loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Orang Pertama yang Bakal Jalani Operasi Pemindahan Kepala

Kategori Dunia: International

Lowongan Kerja Terbaru


Powered by: id.neuvoo.com

Inilah Orang Pertama yang Bakal Jalani Operasi Pemindahan Kepala. Seorang pria asal Rusia baru-baru ini membut sebuah pengumuman yang mengejutkan setelah menyatakan kesediaan dirinya untuk menjadi relawan dalam uji coba transplantasi kepala manusia, Rabu (8/4/2015).

Dilansir Mirror, Valery Spiridonov (30) seorang ilmuwan komputer yang menderita kelainan pada ototnya, sehingga pertumbuhan otonya tidak berjalan normal sangat berharap bisa menjadi orang pertama yang melakukan tranplantasi kepala yang akan dipimpin Dr Sergio Canavaro.

Pria Rusia ini sangat yakin dengan keputusannya, karena kelainan otot yang ia derita atau yang juga dikenal dengan sindrom Werdnig-Hoffman, sangat berpotensi merenggut nyawanya.

“Keputusanku sudah bulat dan tak ada ruang dipikiranku untuk merubahnya, apakah aku takut? tentu saja, kelihatannya sangat mengerikan tapi di satu sisi sangat menarik untuk dicoba, kalau aku tidak mengambil keputusan ini maka kejadian buruk akan menimpaku juga,” ujar dia.

Sementara itu Dr Canaevaro kepada CNN, mengatakan dirinya memastikan Spiridonov akan menjadi orang pertama yang melakukan transplantasi kepala, namun masih terkendala dalam hal pendanaan dan juga belum bertemu langsung dengan Spiridonov untuk melihat rekam jejak medisnya.

Dr Canaevaro juga mengatakan selain Spiridonov juga ada yang telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi relawan dalam proyek besar ini, namun semuanya masih sebatas melalui email.

Untuk melakukan proyek besar ini Dr Canaevaro telah menyiapkan 150 dokter dan perawat. Diperkirakan butuh waktu selama 36 jam untuk operasi transplantasi kepala. Dr Canaevaro sangat yakin dirinya mampu melakukannya.

Pada tahun 1970 tranplantasi kepala dilakukan kepada monyet, namun setelah delapan hari monyet itu mati karena kerja organ tubuh menolak kepala yang baru.

Sebelum monyet meninggal, ia tidak dapat bergerak karena sumsum tulang belakang dari kepala dan tubuh tidak terhubung dengan sempurna Monyet, ia juga kesulitan bernapas.

loading...

Bacaan Terkait: