Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Penyebab Asma Sering Kumat

Kategori Dunia: Penyakit

Penyebab Penyakit Asma Sering Kumat. Asma adalah penyakit pernapasan yang umum di antara orang dewasa dan anak-anak. Ada banyak penyebab dari asma termasuk kondisi lingkungan yang buruk, alergi, dan asap tembakau.

Obesitas dan stres adalah pemicu lain dari asma. Orang dengan tingkat stres yang lebih tinggi rentan terhadap penyakit pernafasan kronis ini. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Namun, pengobatan dan konsumsi obat-obatan yang tepat dapat membantu menjaga asma tetap di bawah kontrol.

Serangan asma bisa ringan, berat atau intens. Anda dapat mengontrol serangan asma dengan pompa atau melalui pengobatan rumah seperti minum secangkir kopi panas. Minyak kayu putih, daun kemangi dan madu adalah obat lain untuk mengobati serangan asma.

Ada banyak hal yang memicu serangan asma. Misalnya, debu dan polusi. Bahkan, aroma yang terlalu kuat seperti parfum atau cologne dapat memicu serangan asma. Cuaca dingin juga meningkatkan kemungkinan serangan asma. Berikut adalah beberapa pemicu asma yang perlu Anda hindari, seperti dilansir Boldsky.

1. Debu
Debu di rumah atau di luar ruangan bisa memicu asma. Jadi, selalu membawa syal atau sapu tangan untuk mencegah serangan asma karena debu yang berterbangan.

2. Polusi
Terkadang, polusi di udara atau asap kendaraan juga bisa menyebabkan serangan asma. Jika Anda memiliki serangan asma akut, hindari keluar rumah tanpa menutup wajah dengan masker.

3. Merokok
Asap tembakau juga merupakan salah satu pemicu dari asma. Merokok sebaliknya juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan paru-paru, tenggorokan atau kanker mulut!

4. Alergi
Orang yang alergi (misalnya untuk serbuk sari atau debu) juga bisa terserang asma. Jika Anda memiliki alergi pada hal-hal tertentu, hindari itu karena dapat memicu serangan asma.

5. Stres
Kondisi emosional atau marah karena terlalu banyak stres dapat memicu asma. Terlalu sering stres dan ketegangan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti hipertensi.

6. Olahraga
Ketika olahraga, jantung akan berdetak lebih cepat. Hal ini terkadang dapat membuat Anda sulit untuk bernapas dengan benar dan mengarah pada serangan asma.

7. Kenaikan asam lambung
Kenaikan asam lambung bertindak sebagai iritan yang dapat menyebabkan serangan asma. Ini juga dapat mengiritasi kerongkongan dan saluran paru-paru, yang dapat menyebabkan serangan asma.

8. Sinus
Orang yang menderita infeksi sinus bisa mendapatkan serangan asma. Hal ini karena sinusitis dapat menyebabkan radang selaput lendir sinus yang memicu asma.

9. Obesitas
Obesitas adalah salah satu penyebab utama dari banyak masalah kesehatan. Obesitas juga dapat memicu berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah pernapasan.

10. Makanan
Beberapa makanan seperti susu, telur, makanan laut, kedelai dan kacang tanah dapat memicu asma. Hindari makanan ini untuk mencegah serangan asma.

Inilah sebelas hal yang dapat memicu serangan asma. Ingat, jangan sepelekan penyakit yang Anda derita sebelum itu benar-benar menjadi sangat serius.

loading...

Bacaan Terkait: