Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Penyebab Hasrat Seks Wanita Hilang Setelah Melahirkan

Kategori Dunia: PASUTRI, Persalinan

Penyebab Hasrat Seks Wanita Hilang Usai Melahirkan. Selain masalah fisik, wanita pasca melahirkan juga seringkali mengeluhkan menurunnya hasrat bercinta. Menurut dokter, hal ini bisa muncul dari berbagai faktor, salah satunya hormon.

“Biasanya itu terjadi karena hormon dari wanita itu, yaitu hormon estrogen. Setelah melahirkan dan harus menyusui, maka wanita akan kekurangan hormon tersebut,” papar dr Ivan Rizal Sini, MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG, seperti dilansir dari laman Detik Health (7/5/2014).

Dokter spesialis kandungan dan kebidanan RS Bunda Jakarta ini menuturkan biasanya proses setelah melahirkan juga membuat vagina jadi lebih kering. Hal tersebut dapat membuat wanita tidak nyaman apabila harus melakukan hubungan intim.

“Tapi harus diingat juga mengenai faktor psikologis. Keadaan wanita tersebut yang kini juga harus menyusui kan bisa menjadi salah satu faktor. Menyusui itu melelahkan, sehingga akhirnya ia jadi lelah untuk melakukan hubungan intim dengan suaminya,” lanjut dr Ivan.

Kapan hasrat seks wanita bisa kembali normal pasca melahirkan menurut dr Ivan cukup subjektif dan tak bisa disamakan. Yang penting adalah rasa nyaman. Ketika wanita sudah nyaman melakukan hubungan intim, maka tidak ada masalah.

Serupa dengan dr Ivan, Dr dr Budi Iman Santoso, SpOG(K) juga menuturkan hal yang sama. Menurutnya beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hasrat seks wanita pasca melahirkan antara lain hormon, perubahan bentuk tubuh, rasa sakit selama bercinta, dan faktor menyusui.

“Alasan utama dari kondisi ini adalah hormon. Kadar prolaktin akan meningkat yang memungkinkan ibu untuk menyusui, tapi justru menurunkan tingkat dopamin yang membuat gairah seks berkurang,” ungkap dr Budi, yang berpraktik di RS YPK Mandiri Jakarta, saat berbincang dengan detikHealth.

Frekuensi seks pada umumnya akan menurun dalam 1 tahun pertama setelah melahirkan, berkurangnya keinginan untuk berhubungan seks ini umumnya berlangsung selama 6-8 pekan, tetapi bergantung pada pribadi tiap-tiap wanita.

“Jika melihat kondisi fisik ibu yang cenderung lemah setelah melahirkan, sebaiknya tunggu 4-6 pekan setelah proses kelahiran. Rahim dan leher rahim butuh waktu untuk pulih setelah mengalami perubahan yang signifikan selama persalinan. Selama masa ini, rahim khususnya tempat plasenta menempel, rentan infeksi,” pesan dr Budi.

Oleh sebab itu, berhubungan intim, tampon, dan apapun yang diletakkan di vagina bisa menimbulkan infeksi. Keluarnya lokia, darah dari vagina selama masa nifas yang mengindikasikan terjadinya pemulihan rahim, bisa berlangsung 3-8 pekan. “Warna lokia yang tidak lagi merah cerah bisa jadi pertanda bahwa pemulihan hampir selesai. Berarti aman untuk melakukan hubungan intim,” lanjutnya.

loading...

Bacaan Terkait: