Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Pola Asuh yang Tepat untuk Anak Kembar

Kategori Dunia: Ibu dan Anak

Pola Asuh Tepat untuk Anak Kembar. Anak kembar memang memiliki kemiripan fisik yang sangat besar, sampai-sampai sebagai orangtua kita lupa bahwa mereka tetaplah dua pribadi yang berbeda. Jangan memaksakan mereka memiliki minat, selera, dan hobi yang sama.

Orangtua harus menyadari bahwa anak kembar adalah tetaplah anak yang berbeda. Hindari menyamakan mereka dalam segala hal atau membandingkan satu dengan yang lainnya.

Setiap anak memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing, termasuk anak kembar. Bisa saja si kakak menyukai tari balet, sedangkan adiknya lebih memilih kegiatan bermain musik.

--

Karena itu ada baiknya orangtua mendorong anak untuk menekuni minat masing-masing sehingga kemungkinan persaingan dan juga pembandingan menjadi berkurang.

Tumbuh besar bersama anak kembar memang memiliki ikatan emosional yang kuat. Namun, tak ada keharusan bagi orangtua untuk selalu menyatukan mereka dalam setiap kegiatan. Anak juga boleh dipisahkan di kelas yang berbeda di sekolah.

Memisahkan mereka juga bisa membuat anak memiliki kelompok pertemanan berbeda dan waktu bermain yang mungkin berbeda juga. Dengan demikian anak bisa belajar membuat keputusan sendiri tanpa selalu dipengaruhi kembarannya.

Perbedaan sifat pada anak kembar juga bisa membuat salah satunya bersikap “manis”, sementara satunya lebih sulit diatur. Meski begitu jangan selalu membandingkan mereka. Hindari mengucapkan, “adik kamu tak pernah malas belajar, mengapa kamu lain,” misalnya.

Selain itu, perlakukan si kembar secara personal. Meski melihat dua anak memakai pakaian yang sama sangat menggemaskan untuk Anda, tetapi batasi diri untuk tidak selalu menyeragamkan keduanya. Jika anak sudah bisa bicara, tanyakan pendapatnya dalam memilih pakaian.

loading...

Bacaan Terkait: