Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Pusat Gempa Kebumen versi Badan Survei Geologi Amerika Serikat

Kategori Dunia: Nasional

Powered by: id.neuvoo.com

Pusat Gempa Kebumen versi Badan Survei Geologi Amerika Serikat. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) juga mencatat gempa yang terjadi di pantai Selatan Jawa. Dalam catatan USGS, gempa terjadi pada pukul 12.14, Sabtu (25/1).

Pusat gempa pada koordinat 8.004 LS dan 109.238 BT dengan kedalaman 83,2 kilometer. USGS mencatat gempa terjadi dengan kekuatan 6,1 Skala Richter

Kota paling dekat dengan pusat gempa adalah Adipala (Cilacap) yaitu 39 kilometer sebelah tenggara. Kemudian 41 kilometer selatan Kroya, 53 kilometer barat daya Gombong dan 54 kilometer selatan Banyumas.

Beberapa laporan menunjukkan gempa juga dirasakan di Bandung serta Jakarta yang berjarak 330 kilometer dari pusat gempa.

Gempa Kebumen, terasa hingga Bandung

Gempa 6,5 SR yang berpusat 104 km di barat daya Kebumen, Jawa Tengah terasa hingga Bandung, Sabtu (25/1) siang. Warga yang berada di Antapani tampak berhamburan karena di rumahnya seperti goyang.

“Saya lagi mau ke kamar mandi, tapi kaget kok kaya pusing, pas lihat lampu ternyata benar goyang-goyang, saya teriak saja untuk keluar rumah,” tutur Hari dengan wajah panik, Sabtu (25/1).

Hari merasakan betul getaran yang cukup hebat itu. Hanya saja ia mengaku tidak ada barang di rumahnya yang berjatuhan ataupun korban.

“Cuman goyang saja, ibu saya yang lagi tidur juga kerasa goyang dan sama saya disuruh keluar,” terangnya.

loading...

Bacaan Terkait: