Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Tips Atasi Begal Motor dari POLRI

Kategori Dunia: Nasional
[neuvoo_jobroll co=id lo=Jakarta kw=Marketing size=20]

Tips Atasi Begal Motor dari POLRI. Aksi begal motor semakin meresahkan. Begal motor tidak hanya beroperasi di Jabodetabek, melainkan sudah merambah ke wilayah lain di Indonesia. Perlu sinergi dari semua pihak untuk mengatasi aksi begal motor ini.

“Kita perlu bersinergi dalam menanggulangi kejahatan apa saja, bukan hanya kasus begal motor,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Ronny Franky Sompie, Minggu (1/3), seperti dilansir dari laman JPNN.

Menurut Ronny, ada latar belakang terjadinya kasus jalanan tersebut yang perlu diwaspadai bersama oleh pemerintah daerah maupun kementerian terkait. Misalnya, yang terkait dengan kemiskinan, ketenagakerjaan, agama, pendidikan maupun kebudayaan.

[neuvoo_jobroll]

“Ini berkaitan dengan akhlak para anak muda yang sering terlibat kasus begal motor,” ungkapnya.

Pemda dan kementerian terkait juga bisa sosialiasi mengajak masyarakat untuk ikut dalam upaya pencegahan tanpa harus main hakim sendiri.

“Saya melihat peran dan kontribusi media bisa ikut memberikan iklan ajakan untuk berupaya mencegah terjadinya begal motor, termasuk perhatian media untuk memberikan ruang bagi para pemerhati masalah kasus jalanan untuk mengajak masyarakat ikut mencegah,” paparnya. (Baca juga: Doa Agar Dijauhkan dari Kejahatan “Begal Motor”)

Selain itu, Ronny menyarankan, pemda bisa membantu penerangan jalan di tempat sepi, gelap maupun remang-remang. Kemudian, memasang CCTV yang bisa dipantau langsung di setiap kelurahan atau kantor desa oleh petugas Siskamling.

“Yang dipandu oleh tiga serangkai desa atau kelurahan, yaitu kepala desa atau lurah, Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” jelasnya.

Dia mengatakan, nantinya petugas patroli Sabhara akan dihubungi dengan handy talky bila ada kejadian yang terpantau dari CCTV.

“Sehingga kecepatan ke lokasi kejadian dapat lebih terarah dan fokus serta lebih cepat ditangani secara bersinergi,” pungkasnya.

loading...

Bacaan Terkait: