Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Tips Menidurkan Bayi Kembar

Kategori Dunia: Ibu dan Anak

Tips dan Cara Menidurkan Bayi Kembar. Punya bayi kembar itu bisa sangat membahagiakan sekaligus melelahkan. Untuk menidurkan bayi pun butuh waktu dan teknik tertentu. Wah, apakah menidurkan bayi kembar itu bakal super merepotkan? Bunda, jika Anda punya bayi kembar, Anda bisa coba menidurkan bayi Anda dengan mengikuti empat tips berikut ini, seperti dilansir dari laman Vemale.

Buat Jadwal Tidur yang Sama
Saat bayi yang satu terbangun, maka bayi yang kedua pun akan ikut terbangun. Dan jika keduanya bangun pada saat yang bersamaan, Anda pasti bisa kerepotan dan kebingungan. Untuk mengatasinya, buatlah jadwal tidur yang sama setiap harinya.

Tidurkan bayi Anda dalam jam yang sama setiap malam. Jika jam tidur sudah teratur, jam makan, mandi, atau ganti baju pun bisa ikut teratur. Apalagi bayi bisa dengan mudah menyesuaikan dirinya pada hal-hal yang konsisten dan berulang.

Baringkan dalam Tempat Tidur yang Sama
Baringkan dan tidurkan bayi Anda dalam tempat tidur yang sama. Hal ini penting untuk membuat keduanya bisa tenang karena sejak dalam kandungan mereka selalu bersama. Kebersamaan dan kedekatan itu pun bisa membuat mereka merasa lebih nyaman. Hanya saja setelah usia bayi sudah lewat dari tiga bulan, Anda bisa mulai berpikir untuk menidurkan bayi di tempat tidur yang terpisah karena di usia ini bayi sudah mulai bergerak lebih bebas dan aktif.

Siapkan Satu Kamar Tidur
Ketika bayi Anda sudah mulai tidur di ranjang atau boks bayi yang terpisah, usahakan agar keduanya tetap berada dalam satu kamar tidur yang sama. Pastikan bayi Anda masih bisa melihat satu sama lain karena hal ini bisa membuat mereka tetap tenang.

Jangan Selalu Menimang atau Menyuapi Bayi untuk Membuat Bayi Mengantuk
Umumnya bayi akan lebih cepat tidur setelah ditimang-timang atau disuapi. Meskipun tidak terlihat berbahaya, tetapi usahakan agar tidak selalu menimang bayi atau menyuapi bayi untuk membuat bayi mengantuk. Saat bayi sudah memperlihatkan tanda-tanda mengantuk, langsung baringkan di tempat tidur agar mereka bisa belajar untuk bisa tidur sendiri tanpa harus dengan “ritual” khusus.

Tips-tips di atas sangat mudah untuk diikuti kan? Meskipun pada awalnya akan terasa sulit untuk menidurkan bayi pada jadwal atau jam yang sama, tapi jika sudah terbiasa maka menidurkan bayi akan menjadi lebih mudah. Apakah Anda punya tips tersendiri untuk menidurkan bayi Anda? Silakan bagi tips Anda yang lainnya di kolom komentar di bawah ini.

loading...

Bacaan Terkait: