Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Inilah Tradisi-tradisi Imlek Paling Unik

Kategori Dunia: International

Powered by: id.neuvoo.com

Tradisi-tradisi Paling Unik saat Imlek. Gong Xi Fat Chai,selamat merayakan untuk Anda yang merayakannya. Seperti yang Anda tahu, imlek adalah tahun baru Cina (Baca Juga : Sejarah Asal Usul Imlek). Imlek juga sering disebut Sin Tjia. Perayaan ini menjadi salah satu perayaan penting bagi warga keturunan Tionghoa. (Baca Juga : Perayaan Imlek Paling Meriah di Dunia)

Perayaan tahun baru Cina ini identik dengan warna merah. Selain itu banyak tradisi-tradisi unik juga seputar imlek. Tradisi apa sajakah yang paling unik saat imlek? Simak ulasannya berikut ini :

Pantang Makan Bubur
Tahukah Anda, ternyata menurut para warga keturunan Cina, bubur adalah simbol kemiskinan. Karena itu, saat perayaan Imlek, mereka dilarang keras untuk mengonsumsi bubur.

Tradisi Membersihkan Rumah
Para warga Tionghoa akan berlomba-lomba membersihkan rumah mereka satu hari sebelum perayaan Imlek datang. Tradisi yang satu ini dipercaya sebagai simbol buang sial dan membuka peruntungan.

Namun, tepat saat perayaan Imlek datang, mereka dilarang keras untuk menyapu rumah lho. Karena kalau ini dilakukan, para warga Tionghoa takut rejeki dan keberuntungan mereka akan terbuang.

Liong Naga atau Barongsai
Tarian Barongsai merupakan tarian khas Cina yang berasal dari masa pemerintahan Dinasti Chin. Masa pemerintahan Dinasti Chin ini sendiri adalah sekitar abad ketiga sebelum masehi.

Barongsai dimainkan oleh dua orang dalam satu kostum. Menurut tradisi orang Cina, barongsai dipercaya bisa melimpahkan rejeki dan menolak segala kejahatan.

Angpao
Kalau yang satu ini sudah pasti tidak asing di telinga Anda. Kata Angpau berasal dari bahasa Hokkian yang berarti ang (merah) dan pau (amplop/bingkisan). Itulah sebabnya kenapa angpao harus dimasukkan dalam amplop berwarna merah.

Menurut warga Tionghoa, warna merah merupakan simbol kebaikan dan kesejahteraan. Selain itu, warna merah dipercaya mampu membawa kebahagiaan dan semangat serta nasib baik.

Makan Ikan Dengan Cara Unik
Jangan kaget kalau harga ikan melambung tinggi saat mendekati Imlek. Banyak warga Tionghoa berbondong-bondong membeli ikan di pasar. Menurut mereka, ikan adalah simbol kebahagiaan dan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Cara makannya pun unik Ladies. Ikan, biasanya ikan bandeng, yang dihidangkan tidak boleh di balik. Jadi kalau sisi atas ikan sudah habis, Anda tidak boleh membalik sisi lainnya untuk mengambil daging ikan. Menurut tradisi, ikan juga tidak boleh langsung dihabiskan pada hari itu juga. Ikan harus disisakan untuk keesokan harinya. Tradisi semacam ini melambangkan nilai tambah pada tahun berikutnya.

Pembaca, itu tadi tradisi paling unik saat Imlek. Apakah Anda mempunyai tradisi lain dalam keluarga Anda? Atau Anda tahu tradisi Imlek lain yang unik? Silakan sharing ajah via kolom komentar di bawah.

loading...

Bacaan Terkait: