Jenis-jenis Jamur serta Manfaatnya | Dunia Baca dot Com

You are here:

Jenis-jenis Jamur serta Manfaatnya

Capai Sukses

Macam-macam Jamur dan Manfaat Jamur. Jamur merupakah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil dengan tipe sel eukariotik, namun jumar termasuk heterotrof (Baca: Kenapa Jamur Termasuk Heterotrof?)

Ada begitu banyak jenis-jenis jamur yang menawarkan manfaat kesehatan. Pada dasarnya, jamur bukan sebuah tanaman atau binatang. Namun, tahukah Anda bahwa jamur punya khasiat luar biasa yang bahkan bisa mengatasi penyakit serius pada tubuh Anda.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Merdeka, sestidaknya ada delapan jenis jamur dan khasiatnya bagi tubuh. Berikut ulasannya.

Pesan Sponsor
  1. Jamur putih untuk menurunkan berat badan dan pencegahan kanker prostat
    Kategori ini termasuk jamur kancing, cremini dan Portobello. Jamur putih memiliki karbohidrat yang mempercepat metabolisme dan menjaga kadar gula darah. Metabolisme yang cepat membuat tubuh membakar lebih banyak lemak.

    Mengonsumsi jamur putih tiga ons per hari selama empat sampai enam minggu dapat menurunkan berat badan. Jamur ini juga kaya akan selenium yang tidak hanya membantu menurunkan berat badan, tetapi juga memiliki efek positif pada kanker prostat.

  2. Jamur Shiitake bisa melawan tumor
    Jamur beraroma khas ini mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti-tumor alami. Jamur ini telah dikembangkan oleh Jepang menjadi pengobatan anti-kanker yang cukup menguntungkan.

    Pada gilirannya, jenis jamur juga menjadi sumber Vitamin D. Konsumsi empat sampai lima ons per hari sangat dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

  3. Jamur Reishi sebagai obat anti-kanker
    Jamur yang terlihat seperti bunga coklat dan putih besar ini terbuat dari kayu yang memiliki sifat-sifat berikut: anti-kanker, anti-oksidan, anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur.

    Selain itu, jamur reishi mengandung asam gandodermic yang membantu mengurangi kolesterol yang pada akhirnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Makan jamur reishi beberapa ons per hari dapat membantu Anda mengurangi kolesterol dan risiko darah tinggi.

  4. Jamur Maitake bisa melawan kanker payudara
    Setengah cangkir jamur maitake per hari mampu membersihkan sistem tubuh dan menemukan sel-sel abnormal yang kemudian membuat mereka rusak dengan sendiri. Jamur ini juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan sel-sel pembunuh sistem kekebalan tubuh.
  5. Jamur Tiram untuk HIV
    Jamur tiram sedang diteliti sebagai pertahanan terhadap kemungkinan HIV. Karena tinggi akan senyawa anti-oksidan, jamur ini dapat menjadi obat anti-kanker.
  6. Jamur Chanterelle
    Terlihat seperti terompet mini, jamur ini sering dikaitkan dengan sifat anti-mikroba, bakteri dan jamur. Jamur ini juga kaya akan vitamin C, D, dan potasium.
  7. Jamur Porcini untuk anti-radang
    Jamur gendut mirip Portabello ini telah digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Porcini berisi senyawa ergosterol yang mampu melakukan sitotoksisitas yang merupakan proses menyerang sel musuh.
  8. Shimeji dapat mengobati asma dan tumor
    Jamur ini mudah ditemukan dalam makanan Asia atau sebagai hiasan. Shimeji mengandung beta-glukan yang menurut National Cancer Institute of Japan, senyawa ini adalah obat untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh di tubuh.

    Jamur shimeji juga dapat mengobati diabetes, asma dan alergi tertentu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan penyembuhannya.

Pembaca, itulah 8 Jenis Jamur serta Manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Ingat, tidak sembarang jamur bisa dimakan. Jadi, jangan sembarangan makan jamur liar.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Jenis-jenis Jamur serta Manfaatnya”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Apr
1
2013
 

Kategori Bacaan