Jenis-Jenis Penyakit Hernia dan Pengobatannya  | Dunia Baca dot Com

You are here:

Jenis-Jenis Penyakit Hernia dan Pengobatannya

Capai Sukses  

Penyakit Hernia – Obat Henia TradisionalCelana Hernia Magnetik. Turun Bero atau Turun Berok. Yaaa itulah bahasa nge-trend penyakit hernia. Jenis penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, namun mayoritas yang terkena penyakit hernia adalah kaum pria. Banyak berbagai jenis penyakit turun bero atau penyakit hernia berdasarkan letaknya antara lain Hernia inguinalis, femoralis, umbilicalis, hernia nukleosus pulposus dll. Sedangkan menurut sifatnya penyakit hernia terdiri dari Hernia reponibilis, hernia akreta dan lain-lain. Hernia adalah keluarnya suatu organ atau jaringan melalui sebuah celah sehingga masuk ke ruangan atau rongga lainnya. Hernia merupakan salah satu penyakit bedah yang banyak terjadi di masyarakat.

Berdasarkan terjadinya, hernia terbagi atas:

  • Hernia kongenital ( bawaan sejak lahir ), misalnya Hernia umbilicalis, yakni hernia pada pusar yang menonjol ketika bayi menangis, mengejan, batuk dan aktifitas lain yang menyebabkan tekanan rongga perut (abdomen) menigkat.
  • Hernia didapat ( acquired ), yakni hernia yang timbul karena dipicu berbagai faktor.

Menurut sifatnya, hernia terbagi terbagi atas:

Pesan Sponsor
  • Hernia reponibilis, yakni hernia yang masih dapat keluar masuk. Isi hernia keluar jika berdiri atau mengejan dan masuk lagi jika berbaring atau didorong masuk, tidak ada keluhan nyeri atau gejala obstruksi usus.
  • Hernia irreponibililis, yakni hernia yang tidak dapat keluar masuk lagi. Dinamakan Hernia irreponibilis apabila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke tempat semulanya.
  • Hernia akreta, yakni Hernia yang disertai adanya keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus karena disebabkan oleh perlengketan.
  • Hernia inkarserata yakni bila isinya terjepit oleh cincin hernia sehingga isi kantong terperangkap dan tidak dapat kembali lagi kedalam rongga perut akibatnya terjadi gangguan pasase vaskularisasi
  • Hernia strangulate, terjadi pada saat jepitan dimulai, dengan berbagai tingkat gangguan mulai dari bendungan sampai nekrosis.
  • Adapun Jenis – jenis penyakit hernia menurut letaknya di antaranya adalah :

    Hernia inguinalis.
    Hernia inguinalis terletak pada lipatan paha. 75% kasus hernia adalah jenis ini dan sebagian besar di alami oleh pria dibandingkan wanita. Hernia ini dapat disebabkan karena lemahnya jaringan penyangga saluran kanalis inguinalis dan peningkatan tekanan rongga perut yang berkepanjangan karena berbagai faktor. Hernia ini menyebabkan penonjolan pada daerah lipatan paha karena usus yang masuk ke dalam saluran inguinal, dan jika usus masuk hingga kantung zakar (scrotum) maka disebut hernia scrotalis.

    Hernia femoralis
    Hernia femoralis tampak berupa benjolan di lipat paha melalui anulus femoralis. Selanjutnya isi hernia masuk ke dalam kanalis femoralis yang berbentuk corong sejajar dengan pembuluh darah balik paha (vena femoralis) .sepanjang sekitar 2 cm dan keluar pada fosa ovalis di lipat paha. Penonjolan kantong peritoneum terletak dibawah ligamentum inguinale di antara ligamentum lakunare di medial dan vena femoralis di lateral. Hernia femoralis ini sering dijumpai pada perempuan tuan, dengan perbandingan 4 perempuan 1 laki – laki. Hernia jenis ini dipicu karena obesitas, kehamilan lebih dari 1 anak (kehamilan multi para).

    Hernia umbilicalis
    Hernia umbilicalis terjadi pada bayi – bayi yang baru lahir dimana pada pusar bayi akan tampak penonjolan pada saat bayi menangis, batuk, tertawa dan mengejan. Hernia umbilicalis disebabkan karena rongga perut yang masuk melalui cincin umbilikalis (pusar). Biasanya akan sembuh spontan dalam 6 bulan – 1 tahun bila cincin hernia kurang dari < 2 cm, bila lebih dari 2 cm maka diperlukan operasi.

    Hernia hiatus
    Hernia jenisini terjadi karena sebagian dari lambung masuk ke dalam kerongkongan melalui diafragma. Diafragma adalah lembaran otot yang menjadi pembatas antara rongga perut dan rongga dada. Diafragma biasanya memiliki lubang kecil (hiatus) yang memungkinkan tabung makanan (kerongkongan) untuk terhubung ke lambung. Hernia hiatus yang kecil biasanya tidak menimbulkan gejala, gejala akan timbul jika hernia hiatus yang terjadi besar. Gejala yang timbul berupa rasa panas dan nyeri pada dada yang diakibatkan karena regurgitasi asam lambung. Hernia hiatus sering terjadi pada usia di atas 50 tahun. Pada bayi dan anak – anak biasanya disebabkan karena cacat bawaan yang gejalanya berupa munta tersedak

    Hernia nukleosus pulposus ( HNP )
    Hernia nukleosus pulposus atau HNP terjadi karena saraf tulang belakang terjepit di antara kedua ruas tulang belakang yang menyebabkan nyeri yang sangat luar biasa. Gejala HNP berupa nyeri penggang belakang yang menjalar ke kaki hingga penderita sulit berdiri atau berjalan. Selain nyeri gejala yang lain adalah kesemutan (parastesi) hebat, perasaan terbakar atau seperti terkena sengatan listrik. Penyebab dari HNP ini adalah akibat trauma (kecelakaan, terjatuh, terbentur, gerakan yang tiba – tiba, mengangkat barang berat dengan bertumpu pada pinggang) dan faktor ketuaan. Faktor resiko yang mendukung terjadinya HNP adalah obesitas dan kurangnya aktivitas.

    Jenis-jenis Hernia yang lain, diantaranya: Hernia Vaginalis, Hernia Diafragmatika, Hernia Epigastrika.

    Obat HerniaCara Mengobati Penyakit Hernia.
    Pengobatan hernia tergantung dari berat ringannya penyakit, jika ringan mungkin hanya diperlukan pengobatan konservativ, namun jika berat maka diperlukan pembedahan atau operasi. Apabila  hernia masih dapat dimasukkan kembali, yang dibutuhkan hanya menggunakan penyangga/korset atau yang saat ini sedang populer yaitu dengan menggunakan celana hernia magnetik untuk mempertahankan isi hernia. Itu pun jika hernia telah direposisi.

    * Dikutip dari berbagai sumber.

    Posted by         3 Responses
       

    Tidak ingin ketinggalan Informasi?

    Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

    *Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

     

    3 Comments to “Jenis-Jenis Penyakit Hernia dan Pengobatannya”

    1. david says:

      makasih gan, info nya.
      semoga bermanfaat.

    2. Lermiana says:

      setelah saya membaca artikel info. di atas sepertinya adik saya penderita hernia femorali dan ini sudah dia rasakan sejak kecil

    3. Lermiana says:

      Setelah saya membaca artikel di atas sepertinya adik saya menderita penyakit hernia femoralis
      dan ini dia sudah rasakan sejak dia masih kecil kadang2 buah zakarnya bengkak/mengembang . Kkami ketahui setelah membaca mengenai penyakit hernia di wesite ini .
      Yang saya ingin tanyakan apakah hernia kalau sudah selama itu dan kalau kambuh nyeri dan sampai membengkak akan waji di operasi ? atau adakah alternatif yang lain seperti minum obat
      atau lainnya ? atas penjelasannya saya mengucapkan terinakasih banyak .

      Hormat saya ,
      Lermiana

    Page 1 of 11
    NOTE:
    * Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

    Sep
    23
    2011
     

    Kategori Bacaan

    online pharmacy viagra #@] order zithromax
    online pharmacy generic levitra