loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kenapa Hewan Tokek Harganya Mahal Sekali?

Kategori Dunia: Tahukah Anda?
Loading...

Tokek MahalTokek adalah hewan reptil yang suaranya biasanya dapat kita jumpai di rumah, gedung, kebun maupun hutan. Dulu pada waktu masih kecil, sering kali saya mendengar suara tokek di rumah pada jam-jam 7 malam, dimana jam tersebut merupakan waktu berkumpul dengan teman-teman setelah selesai mengaji. Dan lucunya “saat itu” setiap tokek bersuara (Tokke, tokke, tokke, tokkeek, tokek 😀 😀 😀 ) anak-anak selalu menghitung suaranya, tapi bukan pake hitungan angka, melainkan dengan kata “Kaya – Miskin”. Misalnya: Tokke = Kaya, Tokke = miskin, tokke = kaya, tokke = miskin dan seterusnya sampai hewan tokek pun tidak bersuara lagi. Dan apabila saat terakhir tokek bersuara, dan hitungan itu jatuh pada hitungan “Miskin” atau sebaliknya, maka Hidup kita akan miskin dan sebaliknya. 😀 😀 :D. Ini hanyalah mitos orang-orang kampung. Ee….. ternyata setelah beranjak gede, katanya harga tokek mahal sekali.

Saya pun mencoba mencari informasi Kenapa harga tokek mahal?. Ya terus terang sangat penasaran, karena selain hewan ini dulu sering di tunggu-tunggu suaranya untuk menentukan nasib hidup 😀 “Miskin atau Kaya” ternyata harga jual tokek mahal selangittt..

Harga tokek menjadi mahal dan dicari orang karena konon hewan tokek bisa menyembuhkan orang yang mengidap HIV atau AIDS. Penyakit mematikan itu menyerang sistem imun tubuh dan belum ada obat medis yang mampu mengatasinya. Oleh sebab itu, ramuan tradisional dari tokek dipercaya sebagai ramuan paling mujarab untuk hal itu.

Bagian lidah tokek dan darahnya dikabarkan mengandung zat yang bisa melawan virus HIV. Tokek yang memiliki khasiat itu adalah tokek berbobot lebih dari 3 ons dan dalam keadaan hidup.

Selain lidah, empedu tokek konon juga mujarab untuk pengobatan orang yang mengidap AIDS. Kabar beginilah yang membuat orang harus membelinya dengan harga mahal demi menyelamatkan nyawanya.

Bagian empedu tokek juga mengandung senyawa anti-tumor dan kanker sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun sejak zaman nenek moyang, daging tokek secara keseluruhan bisa menyembuhkan berbagai penyakit gatal. Banyak orang memberikan kesaksian bahwa penyakit kulit gatal-gatal bisa sembuh dengan tokek yang dibakar atau digoreng.

Harga tokek bervariasi tergantung berat badan dan usia tokek itu sendiri. Lokasi khusus penjualan tokek ada di beberapa daerah, seperti Jakarta, Batam, Banjarmasin, Makassar, Pontianak, Surabaya, dan Solo serta kota lainnya.

Di Pasar Jatinegara, Jakarta, juga terdapat pasar hewan yang menyediakan berbagai macam satwa, dan langka sekalipun, dengan harga murah.

Harga tokek dengan berat badan kurang dari 1,5 ons masih pada kisaran Rp 200.000. Namun, bila sudah besar, sekitar 2 ons, dan sudah tua, maka harganya bisa mencapai Rp 5 juta.

Jika nasib mujur, maka penjual bisa melepas tokek seberat lebih dari 3 ons atau 4 ons dengan harga Rp 100 juta. Harganya akan lebih mahal lagi jika sudah mencapai 1 kilogram dan dibeli langsung dari pembeli Korea, China, atau Malaysia. Harganya bisa lebih dari Rp 200 juta.

Tokek raksasa yang pernah ditemukan di pedalaman Kalimantan memiliki berat hingga 64 kilogram dan terjual dengan harga Rp 179 miliar, dibeli oleh pengusaha Korea melalui orang Malaysia.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: