loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kenapa Jamur Termasuk Heterotrof?

Kategori Dunia: Tahukah Anda?
Loading...

Mengapa Jamur Termasuk Heterotrof. Tentunya para pembaca sudah tahu apa itu jamur. Yaitu tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil dengan tipe sel eukariotik. Lantas, Mengapa jamur Termasuk Heterotrof?

Dalam Wikipedia Ensiklopedia Bebas Bahasa Indonesia dijelaskan bahwa Jamur atau cendawan merupakan tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Adapun pengertian Heterotrof itu sendiri adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik dimana karbon diekstrak untuk pertumbuhannya.

Heterotrof dikenal sebagai “konsumer” dalam rantai makanan. Termasuk ke dalam heterotrof adalah semua hewan, jamur dan bakteri.

Nah…,, dari penjelasan singkat tersebut diatas, kiranya dapat menjawab pertanyaan Kenapa Jamur Termasuk Heterotrof

Mayoritas diantara jamur berbentuk paku payung dan berwarna putih. Dibandingkan tumbuhan lain, jamur memang berbeda. Kebanyakan jamur tidak berwarna hijau. Jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya untuk memperoleh makanannya. Setelah itu, menyimpannya dalam bentuk glikogen.

Jamur merupakan konsumen, maka dari itu jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya, dimana semua zat itu diperoleh dari lingkungannya.

Sebagai makhluk heterotrof, jamur dapat bersifat parasit obligat, parasit fakultatif, atau saprofit.

Cara hidup jamur lainnya adalah melakukan simbiosis mutualisme. Jamur yang hidup bersimbiosis, selain menyerap makanan dari organisme lain juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya.

Simbiosis mutualisme jamur dengan tanaman dapat dilihat pada mikoriza, yaitu jamur yang hidup di akar tanaman kacang-kacangan atau pada liken. Jamur berhabitat pada bermacammacam lingkungan dan berasosiasi dengan banyak organisme.

Meskipun kebanyakan hidup di darat, beberapa jamur ada yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air. Jamur yang hidup di air biasanya bersifat parasit atau saprofit, dan kebanyakan dari kelas Oomycetes.

Adapun ciri-ciri jamur secara umum adalah sebagai berikut :

  1. Jamur termasuk organisme eukariotik kerena sel penyusunnya memiliki membran inti.
  2. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler.
  3. Memiliki dinding sel dari bahan kitin.
  4. Tidak memiliki klorofil.
  5. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa, hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.
  6. Reproduksi jamur, ada yang dengan cara vegetatif ada pula dengan cara generatif.

OK. Mungkin itu saja rangkuman dari Dunia Baca dot Com seputar Jamur yang termasuk heterotrof. Semoga sedikit artikel diatas dapat menambah wawasan para pembaca semua, serta dapat menjawab pertanyaan Mengapa Jamur Termasuk Heterotrof?

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: