Kenapa Paus Mengundurkan Diri? | Dunia Baca dot Com

You are here:

Kenapa Paus Mengundurkan Diri?

Capai Sukses

Alasan Kenapa Paus Mengundurkan Diri. Pengunduran diri Sri Paus Benedictus XVI sangat mengejutkan kalangan dunia Katholik,karena terkesan pengunduran diri pemimpin tertinggi Katholik itu mendadak. Lantas, apa penyebab Paus mengundurkan Diri?

Padahal sesungguhnya tidaklah sebagaimana anggapan umat Katholik, bahwa pengunduran diri Paus tersebut bukanlah sesuatu yang sifatbnya mendadak.

Akan tetapi pengunduran dirinya merupakan klimak dari sejumlah peristiwa internal didalam negara tahta suci tersebut,seperti yang disebut dengan “Vatican Leaks” yang mengejutkan dunia Kristiani tahun 2012 lalu.

Pesan Sponsor

Menurut harian La Republica ,bahwa pada tanggal 17 Desember 2012 tiga kardinal menyerahkan dua bundel berkas sekitar 300 halaman yang berisi “sebuah peta rincian kejahatan dan ikan busuk” di dalam Takhta suci ,sebut koran La republica.

Mereka lakukan itu atas perintah Paus Benedictus XVI untuk memverifikasi berbagai tudingan tentang penyelewenagan keuangan,korupsi,kronisme yang terungkap dalam apa yang kemudian disebut sebagai Vatian Leaks itu.

Hasil investigasi tersebut sangat mengejutkan,terutama mengenai terdapatnya jaringan pemerasan, sex gay dan korupsi di Vatican,sebagaiamana dirilis oleh berbagai media Italia dan juga media Jerman Hari Kamis,21 Februari 2013.masalaha -masalah itulah sesungguhnya yang menyebabkan Sri Paus Benedictus XVI mengundurkan diri.

Menurut harian berhaluan kiri,La Republika itu pada hari itulah hasil investigasi itu berada di meja ruang kerja Paus Benedictus XVI yang lama merenungkan untuk membuat sebuah keputusan pengunduran direinya dari kursi Pemimpin tertinggi dunia Katholik tersebut.Sementara itu menurut sebuah mingguan konservatif,Panorama menulis bahwa tidak bersepekujlasi mengenai latar belakang pengunduran diri Paus Benedictus XVI namun isi dokumen rahasia yang ceriternya dikalanagan masyarakat semuanya sama.

Menurut Juru BIcara Vatican,Peter Federico Lombardi bahwa ia menolak untuk meladeni fantasai dan opini .Peter Federico Lombardi mengingatkan para wartawan,bahwa kepada wartawan jangan pernah mengharapkan bantahan atau komentar mengenai isu -isu yang terlah berkembang tersebut. Menurut harian La Republika,sebagaiamana dirilis Kompas.Com 22 Februari 2013 bahwa menurut seorang yang dekat dengan para penulkis laporan itu mengatakan pula bahwa informasi itu mengandung berbagai pelanggaran terkait perintah keenam dan ketujuh ,dari 10 perintah Tuhan,yang mengatakan “Kamu jangan berzina dan jangan mencuri”.

Dan yanag sangat memalukan,bahwa para kardinal tersebut sudah menemukan jaringan gay bawah tanah yang para anggotanya mengadakan pertemuan seksual di beberapaa tempat di Roma dan Vatikan,yang membuat mereka rentan pemerasan.Laporan itu juga menyelidiki sejumlah transaksi di Institute for Religius Works. Bank Vatican yang pemimpinnya baru ditunjuk tersebut setelah kosong beberapa bukan sebagai ekses dari Vatican Leaks,demikian La Republica.

Serangkaian kejadian itulah membuat Paus Benedictus XVI tidak mampu lebih lama lagi memimpin dunia Katholik di negara tahta suci Vatican,dan akhirnya ia mengundurkan dirinya.

Jadi pengunduran dirinya tidak mendadak,tetapi sudah dipikirkan secara matang dan merenunginya dengan ketenangan yang tinggi ,dan akhirnya diputuskan mundur saja larena tidak mau berdekatan dnegan orang-orang yang berbuat kejahatan justeru di pusat dunia Katholik tersbeut.

Posted by         0 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

No Comment to “Kenapa Paus Mengundurkan Diri?”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Mar
29
2013
 
Kategori Bacaan