loading...
loading...
Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kenapa Ruyati Dipancung?

Kategori Dunia: Hukuman Mati, Tahukah Anda?
Loading...

Kenapa Ruyati dipancung? Meskipun kasus kematian Ruyati, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tewas dihukum pancung pemerintah Arab Saudi sudah cukup lama, namun masih banyak yang menanyakan “Kenapa Ruyati Dipancung?”. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut ini duniabaca.com kutip, Alasan Kenapa Ruyati di Pancung.

inilah.com – Ketua Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia(BNP2TKI), Jumhur Hidayat, tidak hanya membantah bahwa hukuman mati dengan dipancung yang dialami TKI Arab Saudi, Ruyati bukanlah tanggungjawabnya.

Tetapi, ia juga menjelaskan kenapa proses diplomasi yang sempat dilakukan pemerintah tidak semulus yang dilakukan saat menangani kasus TKI, Darsem.

“Kita tidak bisa menyamakan kasus keduanya, karena kronologinya berbeda, dan itu juga yang menjadi pertimbangan ahli waris dalam memberikan pemaafan atau tidak,” katanya, dalam Round Table Discussion, di kantor DPP PD, Selasa (21/06/2011).

Jumhur menjelaskan, Ruyati melakukan pembunuhan terhadap istri majikannya dengan perencanaan yang matang, bukan karena dalam keadaan mendesak.

“Dia (Ruyati) dengan sengaja membacok kepala bagian belakang saat majikannya sedang sholat dhuha dengan menggunakan pisang pemotong daging. Sementara, Darsim melakukan pembunuhan kepada majikannya saat dia akan diperkosa,” terangnya.

Itulah salah satu kenapa upaya pemerintah untuk membebaskan Ruyati dari hukuman pancung gagal, karena ahli waris korban tidak bisa memaafkan tindakan almarhum tersebut, sehingga hukuman pancung tetap harus dilaksanakan.

“Kalau Darsim, karena memang dia membunuh pada saat dia dalam posisi benar, ahli warisnya masih bisa memaafkan,” katanya.

loading...

Loading...

Bacaan Terkait: