Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kenapa Saat Bersin Mata Selalu Tertutup?

Kategori Dunia: Tahukah Anda?

Kenapa Mata Tertutup setiap Kali Bersin? Saat Anda bersin, apakah Anda sadar bahwa mata selalu dalam keadaan otomatis tertutup?

Konon menutupnya mata adalah demi mencegah agar bola mata tidak keluar dari lubangnya. Tetapi apakah itu benar? “Sebenarnya tertutupnya mata ketika bersin adalah refleks semata,” Bert Moritz dari Mayo Clinic.

Sebagaimana Dunia Baca dot Com sadur dari laman Merdeka, yang dilansir dari NBC News, Moritz pun menjelaskan kalau sebelum bersin, otak mengirim sinyal pada otot-otot tubuh.

Salah satu sinyal tersebut berfungsi untuk menutup mata ketika bersin, mirip dengan refleks tendon dalam.

Refleks tendon dalam terjadi ketika dokter memukul lutut dengan palu kecil dan kaki otomatis terangkat. Refleks itu adalah respon tubuh yang tidak bisa dikontrol, demikian juga mata yang tertutup setiap kali bersin.

Meskipun terdengar tidak mungkin, namun banyak juga yang mencoba untuk tetap membuka matanya ketika bersin.

“Bisa saja membuka mata saat bersin, tetapi butuh usaha keras untuk melawan refleks tubuh,” papar Dr Rachel Vreeman dari Indiana University School of Medicine.

Sementara itu, teori lain menyebutkan kalau sebenarnya tubuh berusaha melindungi mata dari berbagai kuman dan lendir yang dikeluarkan dari hidung atau mulut ketika bersin.

loading...

Bacaan Terkait: