Kenapa Sering Masuk Angin? | Dunia Baca dot Com

You are here:

Kenapa Sering Masuk Angin?

Capai Sukses  

Kenapa Sering Masuk Angin. Meskipun terkadang masuk angin akan cepat hilang hanya dengan dikerok, namun jangan sekali-kali Anda meremehkan penyakit yang satu ini, terlebih jika Anda sering terkena masuk angin. Karena pada dasarnya masuk angin juga sangat berbahaya.

Sebanarnya apa sih masuk angin itu? dan kenapa sering masuk angin?

Masuk angin sebenarnya angin tidak benar-benar masuk ke dalam tubuh. Yang benar adalah, tiupan angin menyebabkan suhu tubuh menurun. Lalu, muncul gejala seperti pusing, meriang, pegal-pegal, perut kembung, batuk-pilek dan demam.

Pesan Sponsor

Di dunia kedokteran, istilah masuk angin adalah bagian dari gejala flu, khususnya yang sering terjadi pada pergantian musim (pancaroba).

Proses terjadinya masuk angin, berbeda dengan pengaruh hawa dingin yang mengenai seluruh tubuh, baik bagian belakang maupun depan. Ini karena, saat suhu udara turun, temperatur tubuh ikut turun. Sementara paparan angin, umumnya hanya mengenai salah satu sisi badan, sehingga bagian itu saja yang turun suhunya.

Masuk angin akut lebih mudah dikenali, karena biasanya berujung pada gejala flu seperti bersin-bersin dan pilek. Bila masuk angin berlangsung terus menerus, bisa menimbulkan rasa sakit kronis. Paling sering adalah nyeri leher dan pundak, gara-gara AC.

Masuk angin juga bisa menyebabkan perut kembung, karena dibagian belakang tubuh terdapat titik-titik saraf yang berhubungan dengan organ bagian dalam. Jika titik-titik itu kena rangsangan, organ dalam ikut kena.

Karena dianggap sakit ringan dan biasa, penderita masuk angin biasanya tidak pergi ke dokter. Yang sering dilakukan saat masuk angin ialah kerokan, pijat, minum obat flu, atau minum jamu. Banyak yang percaya pada khasiat kerokan, hingga baru akan merasa sembuh jika telah dikerok.

Pada kasus yang lebih serius, masuk angin bisa menjadi gejala awal infeksi virus demam berdarah, bila disertai lesu berat dan gejala lainnya. Karena itu, masuk angin sebaiknya ditangani dengan baik. Bila perlu, segera periksakan diri ke dokter.

Masuk angin juga bisa merupakan gejala awal infeksi virus yang serius, seperti virus hepatitis atau virus demam berdarah. Kemungkinan hepatitis bisa menghilang atau berlanjut, tergantung pada daya tahan tubuh seseorang.

aka, masuk angin sebaiknya jangan dianggap remeh. Yang perlu diwaspadai adalah masuk angin yang disertai keringat besar, rasa nyeri atau rasa berat di dada, yang biasa disebut sebagai angin duduk.

Kondisi ini bukan sekedar masuk angin berat, tetapi identik dengan sindrom serangan jantung koroner akut, yang bisa menimbulkan kematian dalam 15-30 menit sejak serangan pertama. Karena itu, jika tiba-tiba merasa nyeri dada, sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik apapun. Termasuk berhubungan seks. Sebaiknya pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penangangan gawat darurat jantung.

Kebanyakan orang Eropa mengatasi gejala flu (common cold), yang hampir sama dengan gejala masuk angin seperti pegal linu, perut kembung, batuk-pilek, pusing, sakit kepala, demam dan meriang, dengan menghirup sup panas, minum obat flu lalu tidur berselimut tebal.

Mengapa Sering Masuk Angin…???

Ternyata sering masuk angin itu ada kaitannya dengan penyakit jantung. Saya pernah bertanya dengan seseorang yg pernah menderita penyakit jantung koroner, pernah anfal dan sudah 2 kali dibalonisasi.

Saya tanyakan apa sih gejala yang dirasakan dari penyakit jantung itu? Dan dia menjawab kalo gejalanya adalah sering masuk angin. Badan mudah lelah dlsb. Tapi yang mudah dilihat adalah sering masuk angin.

Sebenarnya istilah angin duduk juga terkait dengan penyakit jantung. Makanya sering kita dengar ada orang yang tiba-tiba meninggal karena penyakit angin duduk, padahal hal itu disebabkan oleh penyakit jantung. Jadi angin duduk itu cuma gejalanya saja.

Coba anda ke dokter atau ahlinya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit jantung.

Untuk mengatasi masuk angin bisa dipijat, dikerok, dikop, atau minum jamu tolak angin. Tapi yang utama adalah mencegah masuk angin, yaitu dengan menjaga kebugaran dan kesehatan, usahakan olahraga setiap hari, walaupun ringan hanya sekedar jalan kaki atau senam.

Begitulah kurang lebihnya alasan kenapa orang sering terkena masuk angin. Mudah-mudahan sedikit artikel yang Dunia Baca dot Com kutip dari laman yahoo answer dan agungpriyou ini dapat menjawab pertanyaan Anda “Mengapa Sering Masuk Angin”.

Untuk mendapatkan artikel terbaru, silakan ikuti kami di Twitter dan Facebook. Terima kasih.

Posted by         2 Responses
   

Tidak ingin ketinggalan Informasi?

Setiap ada artikel baru, langsung di informasikan ke emal. Daftarkan E-mail Anda sekarang juga. GRATIS...!!!

*Agar tidak masuk spam, tambahkan e-mail eternyata [et] gmail [dot] com di address book email Anda.

 

2 Comments to “Kenapa Sering Masuk Angin?”

  1. Darma says:

    Saya suka tulisan ini. Mudah2an sangat bermanfaat bagi siapa saja yang sering kena masuk angin seperti saya.

  2. suganda says:

    terima kasih artikel yg sangat bermanfaat bagi kkesehatan kita yg awan dan tidak mengerti betapa bahya nya masuk angin,,

Page 1 of 11
NOTE:
* Komentar yang menyertakan NOMOR HP, akan dihapus oleh Admin.

Oct
23
2012
 

Kategori Bacaan

online pharmacy viagra #@] order zithromax
online pharmacy generic levitra