Dunia Baca dot Com

bukan sekedar Baca untuk membuka jendela Dunia

Menu

Kisah Anak-anak Kembar yang Ternyata Beda Ayah

Kategori Dunia: TrueStory

Kisah Anak-anak Kembar yang Ternyata Beda Ayah. Umumnya bayi kembar memiliki waktu kelahiran yang hampir bersamaan, memiliki wajah dan kesukaan yang tidak jauh berbeda. Mereka lahir dari rahim sang ibu yang dibuahi oleh sperma sang ayah. Namun tahukan Anda? Ternyata bayi kembar dapat terjadi meski berasal dari sperma pria yang berbeda. Memiliki rahim dan sel telur dari satu wanita, namun dibuahi oleh dua sel sperma dari pria yang berbeda, mengapa?

Dijelaskan oleh Dokter Hilda Hutcherson, dari Klinik Profesor Obstetrik dan Gynecology di Universitas Columbia, sel telur masih dapat menerima sel sperma lainnya dalam jangka waktu lima hari, seperti dikuti laman TODAY, 21 Mei 2009.

Wanita yang telah dibuahi itu melakukan hubungan badan dengan pria lain lima hari kemudian. Sel telur yang telah bercampur sperma sebelumnya diketahui masih belum mengalami pelepasan sehingga sperma baru dari orang berbeda masih dapat hinggap di sel telur tersebut dan melahirkan anak kembar. Tentu DNA mereka nantinya akan berbeda, seperti lima kisah berikut ini tentang anak-anak kembar yang lahir beda ayah

Lahir beda tujuh menit, bayi kembar ini punya ayah berbeda

Seorang wanita Texas yang sama sekali tidak memiliki rencana untuk mencatatkan namanya pada buku rekor dunia. Namun secara tidak sengaja, hal tersebut terjadi saat dua anak laki-laki lahir dari ayah yang berbeda pada satu tahun silam.

Sepasang anak kembar beda ayah ini belum diketahui hingga sang orangtua berumur 44 tahun. Justinda dan Jordan terlihat sangat berbeda meski hanya berselang tujuh menit saat dilahirkan.

Namun begitu sang ayah, Harrison mengaku tidak ambil pusing dan tetap menganggap mereka adalah anaknya.

“Saya membesarkan mereka dari bayi dan mereka paham itu, mereka tahu saya adalah ayahnya dan mereka adalah anak saya,” jelas Harrison, seperti dikutip dari laman TODAY, 21 Mei 209.

Identitas bayi kembar beda ayah terungkap dalam acara televisi

Sebuah acara talkshow yang dibawakan Maury Povich mengejutkan seisi studio. Hal tersebut lantaran kemunculan bayi kembar yang dihadirkan ternyata memiliki ayah yang berbeda tetapi satu ibu.

Dalam talkshow tersebut sang suami menolak menerima kenyatan bila bayi kembar itu adalah darah dagingnya, serta menuding bila istrinya adalah seorang penggila pesta dan gampang tidur dengan siapa saja.

Mantan pacar sang istri dituduh sebagai ayah bayi kembar ini. Merasa tidak terima, tes DNA pun dilakukan dan dipertontonkan di talkshow ini, seperti dikutip dari the Daily Mail, 19 April 2011.

Mantan pacar yang turut dihadirkan merasa tegang saat DNA dibacakan. Namun nafas lega dihembuskan saat DNA tidak sama, begitu pula dengan DNA suami.

Tetapi hasil penelitian lanjutan menangkap kesamaan DNA suami dengan satu di antara bayi kembar ini. Begitu pula sang mantan pacar, yang memiliki kesamaan DNA dengan bayi yang satu lagi.

Ibu dari anak kembar beda ayah ini tuntut pria lain tanggung jawab di pengadilan

Seorang wanita di New Jersey akan menerima satu hak asuh dari sepasang anak kembarnya. Hal ini lantaran anak kembar tersebut dilahirkan dari ayah yang berbeda.

Hakim Pengadilan Daerah Passaic Sohail Mohammed yan menampung kasus ini menerima laporan bila sang wanita diketahui tidak hanya tidur dengan satu laki-laki pada masa pembuahan, sehingga hal tersebut dapat terjadi. Wanit itu pun mengakui hal tersebut.

Seperti diberitakan the Guardian, Jumat 8 Maret 2015, kasus ini adalah kali pertama terjadi di New Jersey. Pada akhir putusan, sang hakim mengabulkan permintaan wanita tersebut dengan hanya merawat satu anak saja.

Wanita ini mendapat bantuan dana sebesar USD 28 per minggu dari sang ayah dari lelaki yang bukan suaminya.

Langka, anak kembar ini lahir dari dua ayah berbeda

Seorang ibu di Vietnam teridentifikasi memiliki kasus anak kembar langka ekstrem. Hal tersebut dibuktikan oleh seorang profesor melalui uji coba DNA di laboratorium Hanoi.

Pada umunya bayi yang lahir bersamaan akan memiliki kemiripan di antara keduanya. Namun kecurigaan terjadi saat bayi tersebut memiliki rupa yang berbeda. Tes DNA segera dilakukan guna membuktikan apa yang sebenarnya terjadi.

“Tes yang dilakukan di Laboratorium Teknologi Pusat Analisa Genetik menemukan mereka berasal dari beda bapak atau bi-paternal,” ujar sang Presiden Laboraturium Le Dinh Luong, seperti dikutip dari laman ABC.net, Selasa (8/3).

Menurut ilmu biologi, hal ini dapat terjadi jika dua sel telur dari satu rahim dibuahi oleh sperma dari dua orang yang berbeda saat melakukan hubungan badan dalam waktu terpisah. Namun dua sel telur tersebut mengalami masa ovulasi pada saat bersamaan.

Benar saja, ketika sang pria melakukan uji DNA, ternyata hanya satu dari pasangan kembar tersebut yang memiliki DNA sejenis. Namun kedua bayi kembar tersebut tetap mewarisi DNA sang ibu.

Diketahui dari situs Dan Tri Online, si kembar beda bapak ini memiliki jenis kelamin yang sama, lahir pada waktu bersamaan (hanya berselang beberapa saat), namun terlihat jauh berbeda. Kini kembar beda bapak telah menginjak usianya yang ke dua. Satu di antaranya memiliki rambut bergelombang sedangkan satunya memiliki rambut lurus.

loading...

Bacaan Terkait: